@thesis{thesis, author={Qohar Muhammad Abdul}, title ={Strategi manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu sekolah: Studi multikasus di MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi}, year={2015}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10249/}, abstract={ABSTRAK Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama dari berbagai pihak, khususnya pihak sekolah dan pihak masyarakat atau orang tua siswa. Kerja sama yang solid biasanya tumbuh bersamaan dengan hubungan yang harmonis diantara kedua belah pihak. Oleh karena itu, peran manajemen hubungan masyarakat sangat diperlukan dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif yakni suasana harmonis baik dalam ruang lingkup internal maupun eksternal. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis 4 hal. Pertama, bagaimana tahap-tahap strategi manajemen humas dalam menjalin hubungan masyarakat di MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi. Kedua, bagaimana bentuk/jenis hubungan masyarakat di MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi. Ketiga, bagaimana strategi manajemen humas dalam menjalin hubungan masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah di MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi. Keempat, bagaimana dampak strategi manajemen humas terhadap mutu sekolah di MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi. Penelitian dilaksanakan di dua situs, yaitu MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi. Dalam metodenya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multikasus, sementara teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk melakukan analisa data, peneliti menggunakan teori analisis menurut Miles dan Huberman dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan, kemudian diadakan analisis lintas situs. Pada tahap pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahap-tahap strategi manajemen humas dalam menjalin hubungan masyarakat di MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi adalah (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi. 2) Bentuk/jenis hubungan masyarakat di MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi ada 5 jenis, yaitu, a) edukatif, b) kultural, c) institusional d) religius, dan e) sosial keagamaan. 3) Teknik/Strategi manajemen humas dalam menjalin hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu sekolah di MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi menerapkan 4 teknik antara lain: a) tertulis, b) lisan, c) peragaan dan d) elektronik. 4) Mutu sekolah dari kedua sekolah ini sudah memenuhi kriteria standart minimum sekolah yang bermutu yakni adanya keseimbangan input, proses dan output. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwasanya: dalam penerapan strategi manajemen humas sangat diperlukan adanya kerjasama dengan berbagai pihak khususnya Kepala sekolah, Waka kurikulum, dan Waka kesiswaan. Sedangkan dalam menjalin kerjasama dengan pihak eksternal manajemen humas harus memiliki strategi khusus agar bisa diterima oleh pihak eksternal. Dalam hal ini manajemen humas kedua lembaga ini menggunakan prinsip utama yakni saling menguntungkan diantara kedua belah pihak atau hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme ABSTRACT Education is a shared responsibility of all parties, particularly the organizers of education which in this case are the school and the community or parents. The solid cooperation usually grows along with a harmonious relationship between the two parties. Therefore, the role of public relations management is indispensable in order to create a conducive environment that is internally and externally harmonious atmosphere. This research aims at describing and analyzing 4 aspects. Firstly, how the stages of public management strategy used to build a relationship with public at MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi. Secondly, what kinds of public relations at MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi. Thirdly, how the public management strategy used to increase the school quality at MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi. Lastly, how the effect of the public management strategy to the school quality at MTsN dan SMPN 1 Srono Banyuwangi. The research was conducted at two sites, MTsN and SMPN 1 Banyuwangi Srono. The researcher used a qualitative approach with multi-cases study, while the technique of data collection was done through observation, in-dept interview and documentation. To analyze the data, the researcher used the theory of Miles and Huberman analysis by reducing the data, presenting data and conclusion, then conducting an analysis of the site traffic. At the stage of checking the validity of the data, the researcher used the triangulation method. The research finding showed that: 1) The stages of public relations management strategy at MTsN and SMPN 1 Banyuwangi Srono were (a) planning, (b) implementation, and (c) evaluation. 2) There were five kinds of public relation at MTsN and SMPN 1 Banyuwangi Srono, a) educational relation, b) cultural relation, c) institutional relation d) religious relation, and e) socio-religious relation. 3) Techniques/strategies of public relations management about the public cooperation to improve the school quality at MTsN and SMPN 1 Banyuwangi Srono were implemented by applying four techniques a) writing techniqu} }