@thesis{thesis, author={Fatih Abdulloh}, title ={الطرق المستخدمة اللغة العربية بمعهد دار مفاتح العلوم فودوكاتون باسوروان}, year={2015}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10276/}, abstract={ABSTRAK The method is a way to convey the material to be delivered to students in order to achieve the learning objectives. And education is itself a deliberate and planned efforts in such a way by the teacher using the method. In Boarding DMU Pasuruan, researchers have looked learning Arabic, and students that there has dangle race read the book in East Java in 2011. The fact that the method used there is not just one method, but uses a variety of methods. This is due to several teachers who teach in the Formal School also teaches at the School of NonFormal (Madrasah Diniyah). using a variety of methods have students who were there, to win the race every year. The formulation of the problem in this study is: What methods are used to study Arabic in Pasuruan DMU boarding school? What is the dominant method for learning the Arabic language there? The method used is descriptive qualitative approach. And data collection by means of interviews, observation, and documentation. Results from this study is that the methods used to study Arabic in Pasuruan DMU boarding school there are two methods: 1) Methods tarjamah qowaid wat 2) Method of reading. And the dominant method for learning Arabic is wat tarjamah qowaid method. ABSTRACT Metode adalah cara untuk menyampaikan materi yang akan disampaikan kepada siswa dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dan pendidikan itu sendiri merupakan upaya yang disengaja dan direncanakan sedemikian rupa oleh guru dengan menggunakan metode. Di Pondok Pesantren DMU Pasuruan, peneliti telah melihat pembelajaran bahasa Arab, dan santri yang ada di sana telah menjurai lomba baca kitab se-Jatim pada tahun 2011. Fakta bahwa metode yang digunakan di sana tidak hanya satu metode, tapi menggunakan berbagai metode. Hal ini disebabkan beberapa guru yang mengajar di Sekolah Formal juga mengajar di Sekolah Non Formal (Madrasah Diniyah). dengan menggunakan berbagai metode ini santri yang ada di sana berhasil menjuarai lomba setiap tahun. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Metode apa saja yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren DMU Pasuruan? Metode apa yang dominan untuk pembelajaran bahasa Arab di sana? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dan pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode yang digunakan untukpembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren DMU Pasuruan ada dua metode: 1) Metode qowaid wat tarjamah 2) Metode membaca. Dan metode yang dominan untuk pembelajaran bahasa Arab adalah metode qowaid wat tarjamah.} }