@thesis{thesis, author={Masita Dewi}, title ={Pembelajaran tematik dengan pendekatan Saintifik dalam implementasi Kurikulum 2013: Studi Multi Kasus di SDN Turen 03 Kecamatan Turen dan MIT Ar-Roihan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang}, year={2015}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10318/}, abstract={ABSTRAK Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik pada jenjang sekolah dasar merupakan program pendidikan dalam kurikulum 2013.Penerapan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik merupakan hal yang penting, karena berdasarkan mindset dari kurikulum 2013, pembelajaran bermakna bisa terjadi dengan terlibat aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui formasi mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis, (1) kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik, (2) proses pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik, dan (3) proses penilaian yang dilaksanakan dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik di kelas IV SDN Turen 03 dan Kelas IV Mekah MIT Ar-Roihan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancanganstudimulti kasus. Teknikpengumpulan data yang dilakukanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanadalahdeskriptifkualitatifdanmenggunakanananalisis data model Miles danHuberman yang terdiridarireduksi,display, danverifikasi data.Metodevalidasi yang digunakanadalahtriangulasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, (1) kesiapan guru di SDN Turen 03 dalam melaksanakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifk sudah baik, guru sudah membuat RPP dengan tingkat keterlaksanaan 80%, sedangkan guru MIT Ar-Roihan belum memiliki kesiapan mengajar yang cukup baik, guru belum membuat RPP sebelum mengajar dan keterlaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik sebesar 30%; (2) penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN Turen 03 sudah berjalan baik, guru sudah bisa mengintegrasikan berbagai kompetensi dasar yang sesuai dari beberapa muatan menjadi kesatuan tematik dengan tema sebagai pemersatunya, pembelajaran tematik dikelas IV MekahMIT Ar-Roihan masih berjalan secara parsial per mata pelajaran, guru belum bisa mengintegrasikan beberapa muatan yang memiliki kesesuaian dengan tema yang ada, selain itu pembelajaran masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru; (3) penilaian dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik di kelas IV SDN Turen 03 dan kelas IV Mekah MIT Ar-Roihan memiliki kesamaan yaitu penilaian pada ranah kognitif sudah terlaksana baik, sedangkanpada ranah afektif dan psikomotorik masih belum maksimal. ABSTRACT Implementation of scientific approach in the thematic learning at primary school is one of programs in the curriculum 2013. Implementation of thematic learning the scientific approach is important, because it is based on the mindset of the curriculum in 2013, meaningful learning can happen with students actively involved in learning activities through the formation observe, ask, try, reasoning and mengkomunikasikan. The aim of research to describe and analyze, (1) the readiness of teachers in implementing the thematic learning with a scientific approach, (2) the process of the implementation of thematic learning with a scientific approach, and (3) the assessment process conducted in thematic learning the scientific approach in class IV SDN Turen 03 and Class IV Mecca MIT Ar Roihan. The approach used in this study is a qualitative research exactly study design of multiple cases. To collect the product of research used some techniques, such as observation, interviews, and documentation.This analysis used descriptive qualitative analysis models and used Miles and Huberman consisting of reduction, display, and verification of data. The validation method used is triangulation. The results showed that, (1) the readiness of teachers at SDN Turen 03 in implementing thematic learning approach saintific is good, teachers have to make lesson plans with the level of adherence to 80%, while the teacher MIT Ar-Roihan not have the readiness of teaching is good enough, the teacher has not making lesson plans before teaching and learning these succesfully of implementation thematic with scientific approaches by 30%; (2) the application of the scientific approach in thematic learning for class IV SDN Turen 03 has been running well, teachers are able to integrate a variety of basic competencies appropriate of several payloads into unified thematic with themes as unifying, thematic learning in class IV Mecca MIT Ar-Roihan still partially runs per subject, the teacher has not been able to integrate multiple payloads that have compatibility with the existing theme, but it is still conventional learning and teacher centered; (3) assessment in the thematic learning the scientific approach in class IV SDN Turen 03 and Class IV Mecca MIT Ar-Roihan have in common is the cognitive assessment has been done well, while in the affective and psychomotor still not maximized.} }