@thesis{thesis, author={Fadlilah Siti Nur}, title ={Implementasi marketing mix pada produk pembiayaan pensiun: Studi kasus pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bojonegoro}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10364/}, abstract={INDONESIA: Untuk dapat memenangkan suatu persaingan, perusahaan ataupun badan usaha perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat bagi usahanya.Strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pemasaran adalah marketing mix. Marketing mix atau bauran pemasaran dapat digunakan perbankan syariah untuk menginformasikan kepada nasabah tentang hal-hal atau aktivitas yang ada dalam perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi marketing mix pada produk tabungan dan pembiayaan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bojonegoro.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana tujuannya adalah untuk menggambarkan secara sistematis implementasi marketing mix. Subyek penelitian ini ada 7 orang. Data dikumpulkan dengan cara observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi marketing mix di PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bojonegoro berupa 7p. Produk, pembiayaan pensiun merupakan salah satu produk yang terdapat di Bank Syariah Mandiri Cabang Bojonegoro. Harga, biaya administrasi yang murah serta bagi hasil yang bersaing. Promosi, promosi dengan cara mendatangi satu persatu nasabah secara langsung, sosialisai, dan brosur. Tempat, karyawan langsung berhadapan dengan konsumen atau nasabah, serta lokasi yang strategis. Orang, karyawan yang berperan dalam memasarkan produk pembiayaan adalah karyawan pada bagian Consumer Banking Relationship Manager, Teller, Sales Force (marketing khusus pembiayaan pensiun) serta customer service. Proses, terdapat dua proses dalam melakukan pembiayaan. Bukti fisik, Bank Syariah Mandiri Cabang Bojonegoro mempunyai bangunan yang cukup baik serta fasilitas yang cukup lengkap. ENGLISH: In winning a competition, a company or business entity needs to implement the right marketing strategy. The applied marketing strategy should be reviewed and developed in accordance with the market development and market environment. One of the strategies that can be used in marketing is marketing mix. Marketing mix can be used by sharia banking to inform the customer about things or activities in the Bank. The purposes of this research are to know the implementation of marketing mix on the savings and financing product in Bank Syariah Mandiri of Bojonegoro. The research used a descriptive qualitative approach to describe systematicallythe implementation of marketing mix. The subjectsof the research were 7 people. Data were collected by observation, interview (interview) and documentation. Data analysis used data reduction, data presentation, conclusion and triangulation. The results of the research showed that the implementation of marketing mix in PT Bank Syariah Mandiri of Bojonegoro is 7p. products, savings and pension financing are the products in Bank Syariah Mandiri of Bojonegoro. Price, low cost administration and competitive profit sharing. Promotions, by coming to each customer directly, socialization, and brochures. Place, employees directly are faced with customers, as well as a strategic location. People, employees who play a role in marketing products are part Cunsomer Banking Relationship Manager, Teller, Sales Force (special marketing for pension financing) and customer service. Process, there are two processes in financing. Physical evidence, Bojonegoro Mandiri SyariahBank has a good building and complete facilities.} }