@thesis{thesis, author={Ikhwan Mukhammad}, title ={Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi siswa pada sekolah berbasis Pesantren di SMP Thoriqotun Najah Singosari Kabupaten Malang}, year={2015}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10381/}, abstract={ABSTRAK Selama ini pendidikan agama Islam masih dinilai gagal membentuk karakter peserta didik. Karena pendidikan agama selama ini lebih memperhatikan aspek kognitif semata dari pertumbuhan kesadaran nilai-nilai agama, dan mengabaikan pembinaan aspek afektif dan konatif-volatif, yakni kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama. Dari sini, maka perlu adanya strategi terhadap keberadaan pendidikan agama Islam yang sedemikian rupa, maka diharapkan ada suatu pembaharuan baik dari segi isi, cara maupun sarana dan prasarana pendukung untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga nantinya pendidikan agama Islam sedikit demi sedikit akan berkembang dan dapat mencapai tujuan pendidikan secara sempurna. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi siswa pada sekolah berbasis pesantren di SMP Thoriqotun Najah Singosari Kabupaten Malang (2) Bagaimana problem dan solusinya penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi siswa pada sekolah berbasis pesantren di SMP Thoriqotun Najah Singosari Kabupaten Malang (3) Bagaimana hasil penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi siswa pada sekolah berbasis pesantren di SMP Thoriqotun Najah Singosari Kabupaten Malang. Adapun Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi siswa pada sekolah berbasis pesantren di SMP Thoriqotun Najah Singosari Kabupaten Malang (2) Untuk mendeskripsikan problem dan solusinya penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi siswa pada sekolah berbasis pesantren di SMP Thoriqotun Najah Singosari Kabupaten Malang (3) Untuk mendeskripsikan hasil penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi siswa pada sekolah berbasis pesantren di SMP Thoriqotun Najah Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, karena peneliti akan melaporkan hasil penelitian tentang strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi siswa. Kemudian mendeskripsikan dan memadukan dengan konsepsi teori yang ada. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, penulis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Teknik analisa deskriptif penulis gunakan untuk menentukan, menafsirkan, serta menguraikan data yang bersifat kualitatif yang penulis peroleh dari metode observasi, dokumentasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan SMP Thoriqotun Najah Singosari adalah menyesuaikan dengan materi pelajaran, situasi, dan kondisi dalam kegiatan belajar mengajar. Guru PAI menerapkan strategi pembelajaran aktif (aktive learning) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Metode pembelajaran yang digunakan adalah bersifat variatif yang disesuaikan materi pendidikan agama Islam. Fasilitas yang kurang memadai menjadi problem dalam mengembangkan strategi pembelajaran, maka solusinya menumbuhkan kreatifitas dalam mengajar sehingga bisa mengembangkan strategi pembelajaran. Problem selainnya adalah sikap siswa tidak serius mengikuti pengajaran di dalam kelas, ada yang diam, tidur dan bergurau dengan temannya, maka solusinya adalah guru selalu mengontrol secara intens dan mengarahkannya untuk bisa menyerap pelajaran dengan lebih baik. Hasil penerapan strategi pembelajaran pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi siswa ini memberikan hasil yang baik. Jika dari knowledge siswa bisa mencerna pengetahuan dengan baik dan memahami serta menghafal materi pendidikan agama Islam sehingga ulangan harian siswa mendapatkan nilai baik. Jika dari atittude siswa bersikap sopan dan santun dengan guru serta bersosialisasi dengan baik dengan sesama temannya di kelas maupun di luar kelas. Sedangkan dari skill siswa dapat melakukan ketrampilan yang berkaitan dengan keagamaan ABSTRACT Recently Islamic education is still considered to have failed to form the character of the students. Because Islamic education has been more concerned with purely cognitive aspects of growing awareness of religious values, and ignoring the coaching aspect of affective and konatif-volatif, the wish and determination to practice the values of religious teachings. From here, hence the need for a strategy against the existence of Islamic education in such a way, it is expected that there is a renewal both in terms of content, ways and means and infrastructure to cope with the problem, so Islamic education will gradually evolve and can be reached educational purposes perfectly. Based on this background, the formulation of the proble} }