@thesis{thesis, author={Mahfudah Ika Amri Hardhiana}, title ={Pengembangan media Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII pada Mata Pelajaran IPS terpadu di MTS Hidayatul Mubtadiin Malang}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10388/}, abstract={ABSTRAK Salah satu faktor untuk meningkatkan daya tarik siswa dalam pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran oleh guru ketika berada di dalam kelas. Pengembangan media pembelajaran Macromedia Flash 8 merupakan salah satu cara guru untuk membantu siswa dalam mempelajari dan memahami pelajaran di sekolah. Melalui media Macromedia Flash 8 diharapkan siswa dapat memahami mata pelajaran IPS Terpadu dengan baik, selain itu diharapkan siswa juga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan media pembelajaran Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan objek penelitian kelas VII MTs Hidayatul Mubtadiin Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Reseach and Development (R & D) untuk menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sistem pendekatan model Dick & Carey, yang dikembangkan oleh Walter Dick & Lou Carey dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengidentifikasi tujuan pengajaran, melakukan analisis instruksional, mengidentifikasi tingkah laku awal, merumuskan tujuan kinerja, pengembangan tes acuan patokan, pengembangan strategi pengembangan, pengembangan atau memilih pengajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif, menulis perangkat dan revisi pengajaran. Hasil analisis data menunjukkan, bahwa pengembangan media Macromedia Flash 8 kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu ini mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Hidayatul Mubtadiin Malang. Hal ini berdasarkarkan prosentase rata-rata perolehan hasil belajar pada tes terakhir mencapai 79,4% dibanding tes awal yang hanya berada pada 43,5% yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan 35,9% dari hasil belajar siswa setelah belajar menggunakan media Macromedia Flash 8. ABSTRACT One of factors attracting students in learning is that the use of learning media by a teacher in classroom. The use of Macromedia Flash 8 learning media is one of ways used by the teacher to assist students in learning and understanding subjects at school. Students are hoped to get a good understanding of integrated Social Science subject. In addition, it is able to improve students? motivation and study result. The purpose of this research is to develop Macromedia Flash 8 learning media in integrated Social Science, and the object of the research is VII grade students of MTs Hidayatul Mubtadiin Malang. A method used in this research is research and development. To obtain a certain product, analytical research is needed to test the effectiveness of the product so that it is beneficial for society. This development model used in this research employs approach system model by Dick and Carey, developed by Walter Dick and Lou Carey with following steps: identifying the purpose of teaching, doing instructional analysis, identifying the first behavior, formulating the performance purpose, developing standards reference, developing strategy, selecting teaching, doing formative evaluation, and writing revised teaching. The result of the analysis shows that the development of Macromedia Flash 8 media at VII grade in integrated Social Science subject. It can elevate students? motivation and study result. The result is based on the average percentage of the last test reached 79,4%, compared to the previous test which was only 43,5%. The result evidently exposes a 35,9% improvement of students? study result after studying with Macromedia Flash 8 media.} }