@thesis{thesis, author={Al Hamdi Baqiatus Sholihah}, title ={استراتيجية تعليم مادة الصلاة للمعوقين (الشلل الدماغي) في المدرسة الإبتدائية الخاصة صفى بموجوكرتو}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10403/}, abstract={?????? ????? ??????? ?????????: ?????????? ???????? ???? ??????? ????? ??????? ????? ??????? ?? ?????? ?? ????? ?????? (?????) ? ???? ??????? ?? ????? ??????? ??????? ???????. ????? ?????? ????? ??????? ???? ?? ??????? ?????????? ?????? ??? ????????? ?? ???? ?????? ???? ?? ???? ?????. ??? ???? ??????? ???? ?????? ?????? ????? ??????? ?? ?? ??????? ?????????? ?????? ??? ????????. ?????? ??? ????? ??: (1) ????? ????? ???? ?????? ???????? (????? ???????) ?? ??????? ?????????? ?????? ???. (2) ????? ?????? ?????? ?? ????? ???? ?????? ???????? (????? ???????) ?? ??????? ?????????? ?????? ???. (3) ?????? ????????????? ?? ???????? ?????? ?? ????? ???? ?????? ???????? (????? ???????) ?? ??????? ?????????? ?????? ???. ?? ???? ??? ????? ???????? ?? ?????? ?????? ??????? ??????. ? ??????? ?? ??????? ???????? ???????? ? ?????? ???????? ? ???????? ? ???????. ????? ????????. ?? ??????? ? ??????. ? ???? ???????. ?????? ?? (1) ????? ????? ?????? ????? ??????? ? ??????? ??????? ?????? ???? ???? ?????? ??????? ?????? ?? ????? ??????? ? ????? ???????? ? ?????? ?? ??????? ? ?????? ?? ????? ?????? ?????? ????? ?? ???????. (2) ??????? ?????? ?? ??? ??????. (3) ?????????? ?? ??????? ?????? ?????? ??????? ? ?????? ???? ?????? ? ???? ???? ???? ?????. ABSTRACT Cerebral palsy is a disorder of the limbs (physical) that causes them have difficulty in activities like other normal children. In general, students of cerebral palsy in Special Elementary School Shafa Mojokerto still can not stand up or walk normally. So it's not easy to learning about solat material for cerebral palsy children in Special Elementary Shafa Mojokerto. The purpose of this research are; (1) Understand the learning about solat material for cerebral palsy children in Special Elementary School Shafa Mojokerto. (2) Understand the problems in learning about solat material for cerebral palsy children in Special Elementary School Shafa Mojokerto. (3) Understand the strategies to solve the problems in learning about solat material for cerebral palsy children in Special Elementary School Shafa Mojokerto. The method of this research is qualitative approach descriptively. The main instrument is the researchers itself, and the techniques of collection by observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, data explanation and conclusions. The results of research are; (1) The learning about solat material for cerebral palsy is such as normally children, the first step is the lecture about Solat material included the recitation and the activation. The next step is habituating the students to do Solat together. (2) The obstacles of teacher are the limited of facilities and professional teacher for dissabilities. (3) The strategies to solve problem by occupational therapy, self care and giving additional materials. ABSTRAK Cerebral palsy merupakan gangguan pada anggota gerak (fisik) yang menyebabkan mereka mengalami kesulitan dalam beraktivitas seperti anak normal lainnya. Secara umum siswa cerebral palsy di SD Khusus Shafa Mojokerto masih belum bisa berdiri tegak ataupun berjalan dengan normal. Sehingga tidaklah mudah pembelajaran materi shalat bagi anak cerebral palsy di SD Khusus Shafa Mojokerto. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pembelajaran materi shalat untuk anak cerebral palsy di SD Khusus Shafa Mojokerto. (2) Mengetahui problematika dalam pembelajaran materi shalat pada anak cerebral palsy di SD Khusus Shafa Mojokerto. (3) Mengetahui strategi dalam menyelesaikan masalah dalam pembelajaran materi shalat pada anak (cerebral palsy) di SD Khusus Shafa Mojokerto. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pembelajaran materi shalat untuk cerebral palsy sama dengan anak normal lainnya, langkah pertama yaitu pemberian materi shalat secara teori berupa materi tatacara pelaksanaan shalat yaitu mencakup materi bacaan dan gerakan dalam shalat. Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan pembiasaan shalat kepada siswa secara berjama?ah. (2) kendala yang dialami oleh guru yaitu pada sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah sangat terbatas serta kemampuan guru yang terbatas. (3) strategi dalam menyelesaikan masalah dengan terapi okupasi, bina diri dan pemberian materi tambahan.} }