@thesis{thesis, author={Sya’diyah Lailatul}, title ={Strategi keunggulan kompetitif Wirausaha Kuliner: Studi kasus pada Wisata Belanja Tugu Kota Malang}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10427/}, abstract={?????? ????? ???????? ?????? Tugu ?? ???? ?? ???? ???????? ??????? ?? ????? ????? ??? ??? ??? ????? ???. ???? ????? ?? ?????? ???????? ??????? ??? ?????? ???????? ???? ????????. ????? 162???? ????? ?????? ?? ?????? ?40 ????? ?? ?????? ???????. ?? ???? ???? ?? ???? ????? ????????? ?? ???????. ?? ????? ????? ???? ?? ???? ?????? ????????????? ?????? ???? ??? ????? ?????: ?????????? ?????? ??????????? ????????? ?????????? ???????. ??????? ??????? ?? ??? ????? ???? ????? ???? ????? ???????. ?????? ??? ???????? ???? ??? ???????? ????????? ??????????. ???? ????? ?? ??????? ?????? ?? ?????????? ?????? ????????? ??????? ??????? ?? ???? ?? ?????? ????????? ?? ??? ???????????? ?? ???? ?????? Tugu ????? . ?????? ????? ???? ??? ?? ???? ??????? ????????? ??????? ??????? ?? ???? ?????? Tugu ?????? ???? ???????? ?? ???? ?????? ?????? ?????? ?????? ??????? ????? ??? ????????. ???? ??????? ???????????? ?????? ????????? ?? ???? ?????? ???? ?? ???? ????????? ??? ????? ?????? ?? ?????? ?????? ?? ????? ?????? ???? ??? ????. ???? ?? ?????? ????????? ??????????? ?????? ????????? ??????? ???? ?? ???? ?????? ??????? ??? ???? ???????. ABSTRACT Wisata Belanja Tugu is one of temporary entrepreneur hub in the city of Malang that opened on Sunday only. There two types of grouping existing products i.e. food and non food. There are 162 stands which opened the culinary efforts and 40 of them is heavy food. From all the booths each have competitive advantages in their products. According to Porter that has been populared the theory of generic strategies i.e. include three types of cost advantage strategy i.e. cost strategy, differentiation strategy, and focus strategy. This research uses qualitative research methods with the kind of approach to Phenomenology. The technique of data collection is done with the interview, observation and documentation. The purpose of this research is to investigate and unearth the culinary entrepreneur competitive advantage strategy heavy food as well as the positive implications of the strategy in the Wisata Belanja Tugu Malang City. The results of this study showed that heavy food culinary entrepreneur in Wisata Belanja Tugu Malang disposed to generic strategic Porter, there are cost strategy and differentiation strategy with prioritizes the quality food, hygiene, a sense food and the uniqueness services to the consumer. The positive implications of the competitive advantage strategy is the cost advantage can increase revenue because Wisata Belanja Tugu is entrepreneur hub contemporary and increase profit until double that of the days are usually in different places and over a longer duration. As well as the positive implications of strategies differentiation competitive advantage can be known without a costumer promotion system ABSTRAK Wisata Belanja Tugu merupakan salah satu sentra wirausaha temporer di kota Malang yang dibuka pada hari Minggu saja. Disana dikelompokan ke dalam dua jenis produk yang ada yakni makanan dan non makanan. Terdapat 162 stand yang membuka usaha kuliner dan 40 diantaranya makanan berat. Dari seluruh stand tersebut masing-masing memiliki keunggulan kompetitif dalam produknya. Menurut Porter yang telah menduniakan teori strategi generik yakni meliputi tiga jenis strategi yaitu strategi keunggulan biaya, strategi diferensiasi, dan strategi fokus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menggali strategi keunggulan kompetitif wirausahawan kuliner makanan berat serta implikasi positif dari strategi tersebut di Wisata Belanja Tugu Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wirausahawan kuliner makanan berat di Wisata Belanja Tugu kota Malang lebih cenderung pada strategi generik Porter yaitu strategi keunggulan biaya dan strategi diferensiasi, yakni dengan mengutamakan kualitas makanan, kebersihan, keunikan rasa makanan serta layanan kepada konsumen. Implikasi positif dari strategi keunggulan kompetitif tersebut adalah dapat meningkatkan pendapatan karena Wisata Belanja Tugu Kota Malang merupakan sentra wirausaha temporer dan meningkatkan keuntungan atas hal itu hingga dua kali lipat dari hari-hari biasanya di tempat yang berbeda dengan durasi lebih lama. Sedangkan implikasi positif dari strategi keunggulan kompetitif diferensiasi dapat dikenal pelanggan dengan baik tanpa adanya sistem promosi.} }