@thesis{thesis, author={M. Syamsu Rijal}, title ={Pengaruh iklan dan Public Relation terhadap keputusan pembelian Listrik Pra Bayar pada PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Timur Area Malang Rayon Blimbing}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10444/}, abstract={ABSTRAK Seiring dengan kondisi pasar saat ini yang semakin kompetitif, maka setiap perusahaan harus bisa merancang pemasarannya ke arah pasar modern di mana dengan konsep pemasaran modern banyak inovasi-inovasi yang dapat mendukung perusahaan tersebut untuk tetap bertahan pada persaingan. Dengan konsep pemasaran modern perusahaan tidak hanya sekedar mengembangkan produk yang baik, menawarkannya dengan harga yang sesuai dan pelayanan yang baik terhadap konsumennya, tetapi sebuah perusahaan harus mampu mengkomunikasikan dengan baik mengenai produknya kepada masyarakat luas. Salah satu perusahaan yang sedang giat melaksanakan pemasaran produk pelayanan baru adalah PT. PLN (Persero). Produk tersebut adalah Listrik Prabayar dengan melakukan strategi komunikasi pemasaran menggunakan Iklan dan Public Relation. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan survey. Jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diperoleh dari rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa Iklan yang terdiri dari Attention, Interest, Desire, Action dan Public Relation yang terdiri dari Credibility, Context, Content, Clarity, Continuity and consistency, Capability of the audiens, Channel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara untuk uji t diketahui bahwa secara parsial variabel Action, Credibility, Clarity dan Channel mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat sedangkan variabel Attention, Interest, Desire, Context, Content, Continuity and consistency, Capability of the audiens, tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. ABSTRACT The competitiveness of the current market conditions make every company must be able to design marketing toward a modern market, whereas the concepts of modern marketing have many innovations that can support the company in some competitions. By that concept, not only develop a good products, offers at reasonable prices and good service to customers, but also the company needs to well communicating their products to the society. One company that is actively implements the new service of product marketing is PT. PLN (Persero). The product is prepaid electricity by conducting a marketing communication strategy using advertising and public relation. This is an explanatory research is explanatory with survey approach. The total samples of 100 people were obtained from the Slovin formula. Techniques of data collected through questionnaire, and documentation. The instrument tests used validity, reliability and classical assumption. While the method of data analysis used multiple linear regressions with F test and t test. From the results of F test showed that Advertising which consists of Attention, Interest, Desire, Action and Public Relation Consisting of Credibility, Context, Content, Clarity, Continuity and Consistency, Capability of the audience, Channel. Simultaneously significant effect on purchasing decisions. While from the t-test knowed that in partial Action, Credibility, Clarity and Channel has significant influence on the dependent variable while the variable Attention, Interest, Desire, Context, Content, Continuity and consistency, Capability of the audience, no significant effect that influences on purchasing decision.} }