@thesis{thesis, author={Waro Mohamad Khoiril}, title ={Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pasien BPJS tinjauan Undang-undang perlindungan konsumen dan maqasid syari’ah}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10505/}, abstract={INDONESIA: Semakin berkembanya zaman sekarang berimbas pada Kesehatan yang di hadapi masyarakat Pengetahuan masyarakat yang semakin meningkat berpengaruh terhadap meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan, sehingga kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh perawat dapat dinilai sebagai indikator baik apa buruknya kualitas pelayanan di Rumah Sakit.Sebagai penerima jasa pelayanan kesehatan BPJS, keluarga peserta seringkali mengeluh kurang puas dengan pelayanan kesehatan yang diterimanya. adapun yang di bahas di skripsi ini adalah:(1) bagaimana dinas kesehatan dalam memberikan perlindungan konsumen? (2) Bagaimana Pelaksanaan Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tinjauan Undang-Undang Perlindungan Konsumen? (3) Bagaimana Pelaksanaan Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tinjauan Maqasid syariah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dinas kesehatan dalam memberikan perlindungan kepada pasien BPJS,dan untuk membahas kajian maqashid syariah serta undang-undang perlindungan konsumen. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian yuridis empiris. Penelitian ini juga di sebut dengan field research di karenakan penelitian lebih menekan pada pada data lapangan sebagai obyek yang di teliti. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini metode analisis data yang di gunakan adalah metode analisis deskriptif. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian yuridis empiris. Penelitian ini juga di sebut dengan penelitian field research di karernakan penelitian lebih menekankan pada data lapangan sebagi objek yang di teliti. pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif. Dalam pnelitian ini metoide analisis data yang di gunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persoalan masyarakat adalah merasa di bedakan pelayanan antara pasein BPJS dan non BPJS,perasaan tersebut timbul karena pasien belum paham dengan hak pasien maupun kewajiban bagi peserta BPJS sesuai regulasi yang ada, karena dari pihak Dinas Kesehatan tidak pernah membedakan pelayanan kepada pasien. Dinas Kesehatan dalam tugasnya melakukan pengawasan terhadap pasien BPJS sudah sesuai dengan Tujuan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. perlindungan konsumen yang di lakukan oleh dinas kesehatan adalah maqashid adh dharuriyah adalah memelihara harta (hifdz al-mal) dan menjaga jiwa (hifdz al-Nafs) ENGLISH: Increasingly the current era affects the health faced by the community The increasing knowledge of the public affects the increasing demands of the public for the quality of health services, so that the quality of services performed by nurses can be assessed as a good indicator of what the poor quality of service in the Hospital.As the recipient of services BPJS health, family members often complain less satisfied with the health services it receives. As for the discussion in this thesis is: (1) how the health service in providing consumer protection? (2) How to Implement Legal Protection against Patients Social Security Administering Body a Review of the Consumer Protection Act? (3) How to Implement Legal Protection against Patients Social Security Administering Body Review of Maqasid sharia? The purpose of this study is to find out how the health service in providing protection to patients BPJS, and to discuss the study of maqashid sharia and consumer protection laws. This research belongs to a kind of empirical juridical research. This research is also called the field research in because more research on the press on the field data as objects in the perusal. The approach used is qualitative approach. In this research, the method of data analysis in use is descriptive analysis method This research belongs to empirical juridical research. This research is also called fileld research because it empahsizes mostly on the field data as the main object. The approach used is qualitive approach. In this research , data analysis method used is descriptive analyisis method The result of the research shows that the problem of society is to feel differentiate the service between BPJS and non BPJS, the feeling arises because the patient has not understood the patient's rights and obligations for BPJS participants according to the existing regulation, because from the Health Department never differentiates the service to the patient. The Health Office in its duty to supervise the BPJS patient is in accordance with the Purpose of Consumer Protection Act. the consumer protection that is done by the health service is maqashid adh dharuriyah is keep the threasure (hifdz al-mal) and keep the soul (hifdz al-Nafs)} }