@thesis{thesis, author={Hakim Arif Rahman}, title ={Upaya Guru PAI dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Madiun}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10669/}, abstract={?????? ????? ???? ???????? ?????? ????? ????? ?????? ????? ??????? ???? ???? ????? ????? ????? ?? ???????? ????? ???????. ??? ?????? ??????? ????? ???????. ??? ??? ??? ????? ?????? ????? ???? ?????? ???????? ?????? ???????? ???????? ?????? ? ?????? ? ?????? ???? ????? ??????? ?? ????? ???? ?????? ???????? ?????? ???????? ???????? ??????. ? ?? ??? ????? ?????? ?????? ????? ??????? ???????. ??? ??????? ?????? ??? ???????? ??? ?? ???? ????????? ?????????? ????????? . ??? ????? ???????? ?? ???? ???? ?? ???????? ? ???? ???????? ? ???????????. ????? ????? ????? ?? ??? ????? ?? ?????? ???????? ?????? ?????? ???????? ???????? ?????? ????? ??? ?????? ?????? ? ??? ???? ??????: ???? ? ??????? ? ?? ????? ?????? ???????? ? ?????? ? ?????? ? ?????? ? ???? ?? ???? ? ?????. ???????? ??????? ??? ????? ??????? ?? ?????? ? ???????? ? ?????? . ??? ?????? ???? ????? ??????? ?? ????? ???? ?????? ???????? ?????? ???????? ???????? ?????? :???????? ? ??????? ? ????????. ????? ?????? ??? ???? ????? ??????? ?????? ??????? ????? ???? ???? ????? ? ???? ???????? ??? ??????. ABSTRACT Students? deviant behaviour has close relation with Islamic education teachers? duty. It is teaching their students in order to be guided with Islamic value. Therefore, students are assets for nation future. This research aims to know deviant behaviour types which performed by students if Madrasah Tsanawiyah Negeri Madiun, causes, and Islamic education teachers? effort in case of solving students? deviant behaviour in Madrasah Tsanawiyah Negeri Madiun. In this research, the researcher uses descriptive and qualitative research method. The researcher collects the data by observation, interview, and documentation. Data are analyzed by reducing, explaining, and summarizing data. In brief, the result of research shows students? deviant behaviour in MTSN Madiun included as simple delinquency such as cheating, being late, not praying with jama?ah, truanting, quarrelling, having rude attitude and expression, and smoking. The factors are family, friends, and circumstance. However, Islamic education teachers? efforts are preventive, repressive, and curative. The researcher suggests to Islamic education teachers to improve collaboration in related subject and among teachers for concerning their students ABSTRAK Perilaku menyimpang pada peserta didik erat kaitannya dengan tugas guru pendidikan agama Islam yaitu mengajarkan peserta didiknya agar terarah sesuai dengan ajaran agama Islam. Karena peserta didik merupakan asset bagi masa depan bangsa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Madiun, faktor-faktor penyebabnya dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi perilaku menyimpang peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Madiun. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa bentuk perilaku menyimpang peserta didik di MTsN Madiun tergolong kenakalan ringan, misalnya: menyontek, terlambat, tidak sholat berjama?ah, membolos, berkelahi, berperilaku serta berkata tidak sopan dan merokok. Faktor yang mempengaruhi peserta didik adalah faktor keluarga, faktor teman dan faktor lingkungan. Sedangkan upaya guru Pendidikan Agama Islam adalah dengan upaya preventif, represif dan kuratif. Peneliti menyarankan kepada guru pendidikan agama Islam agar meningkatkan kerjasama pada bidang yang terkait maupun sesama guru dalam perhatian pada peserta didiknya.} }