@thesis{thesis, author={Ramadhani Fandi Achmad}, title ={Pengenalan Tauhid pada anak perspektif Prof. Dr. Zakiah Daradjat dan implikasinya terhadap Pendidikan Islam}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10675/}, abstract={?????? ????? ?????? ??????? ??? ??????? ?? ?????? ????? ??? ??????? ??? ??????? ??????. ????? ??????? ?????? ???? ???? ??????? ??? ?? ??? ????? ????? ??????? ???????? ?? ????? ?????? ??????? ??? ????? ?? ?????? ???? ???? ???? ?????. ????? ??? ?????: 1) ???? ????? ????? ??????? ??? ??????? ???????? ?????????? ??????? ???? ??????? 2) ???? ??? ????? ??????? ??? ??????? ???????? ?????????? ??????? ???? ??????? 3) ???? ?????? ??? ??????? ????????? ??????? ??? ????? ???? ???? ?????? ??? ????? ?? ??????? ????????. ?????? ??? ???????? ????????? ?? ??? ????? ?? ????? ???????? ???? ???? ?? ???????? ?? ??????? ?? ??? ??????? ?? ????? ???????? ????? ???. ?????? ????? ???????? ???????? ????? ???????. ?????? ??? ????? ???? ??? ?? ????? ??????? ?? ?????? ??? ???? ?????? ???? ????? ?????? ??????. ????? ???? ???????? ??? ??????? ??? ????? ??????? ?????? ??????? ?????????. ?????? ????? ??????? ?? ??? ??????? ?????? ?????? ??? 1) ????? 2) ????? ?????? ?????? 3) ??????????. ?????? ??????? ??? ??????? ??????? ??? ????? ??????? ??????? ?????????. ABSTRACT Introducing tauhid to children is an effort to introduce God to children by considering their characteristics. There are phases and ways to consider if you want to introduce God as early as possible, and Zakiah Daradjat is one of the leaders who care about this. This study aims to: 1. Describe the phases of introducing tauhid to children from Zakiah Daradjat?s perspective, 2. Describe ways of introducing tauhid to children from Zakiah Daradjat?s perspective, and 3. Explain the implications of Islamic education This study uses a qualitative approach to the research type of Library Research. Data collection methods that researcher uses in this study is documentation method, which is looking for data about things or variables in the form of notes, books, magazines and so forth. And, data analysis techniques uses content analysis The results of this study indicate that the phase of children in introducing tauhid developing as accordance with the physical growth of children. Zakiah Daradjat divides it into two periods, namely childhood and elementary school age. While there are 3 ways to introducing tauhid to children that are 1. Language 2. Parental example and the environment 3. Practices. Introducing tauhid to children have implications on the achievement of Islamic education goals, especially on IMTAQ aspects ABSTRAK Pengenalan Tauhid pada anak adalah upaya mengenalkan Tuhan kepada anak dengan mempertimbangkan karakteristiknya. Ada fase dan cara yang harus diperhatikan jika ingin mengenalkan Tuhan sedini mungkin, dan Zakiah Daradjat ada salah satu tokoh yang peduli akan hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan fase-fase pengenalan tauhid pada anak perspektif Zakiah Daradjat, 2) Mendeskripsikan cara-cara pengenalan tauhid pada anak perpektif Zakiah Daradjat, dan 3) Menjelaskan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, majalah dan sebagainya. Dan teknik analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fase anak dalam mengenal tauhid berkembang sesuai dengan pertumbuhan fisik anak. Zakiah Daradjat membaginya menjadi 2 masa, yakni masa kanak-kanak dan masa usia sekolah dasar. Sedangkan ada 3 cara mengenalkan tauhid pada anak yakni 1) Bahasa 2) Teladan orang tua dan sekitarnya 3) Latihan-latihan. Pengenalan tauhid pada anak berimplikasi pada tercapainya tujuan pendidikan Islam, terutama pada aspek IMTAQ} }