@thesis{thesis, author={Arifin Malik}, title ={Strategi pembelajaran menulis narasi bahasa Indonesia di MIN Lempeni Lumajang}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11695/}, abstract={INDONESIA: Narasi merupakan salah satu jenis karangan yang diajarkan terutama di tingkat sekolah dasar. Aspek yang dikembangkan dari mempelajari narasi di sekolah dasar adalah agar siswa mampu dan mahir dalam menuliskan cerita dari suatu peristiwa berdasarkan urutan waktunya. Dan mengajarkan menulis pada siswa tidaklah mudah karena membutuhkan kesiapan yang matang baik siswa maupun gurunya. Hal ini sejalan dengan revisi kurikulum 2013 yang menerapkan program literasi dalam setiap pembelajaran yang didalamnya meliputi proses menulis salah satunya. Untuk itu perlu diterapkan strategi pembelajaran yang sesuai dalam membantu siswa belajar menulis narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis narasi di MIN Lempeni Lumajang, (2) mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran menulis narasi di MIN Lempeni Lumajang, (3) mendeskripsikan dampak dari penerapan strategi pembelajaran menulis narasi bahasa Indonesia di MIN Lempeni Lumajang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berupa deskriptif. Objek yang diteliti adalah guru dan siswa di MIN Lempeni Lumajang. Agar memperoleh gambaran realitas sesuai fenomena yang terjadi di lapangan melalui pengumpulan data dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara direduksi, dipaparkan, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis narasi di MIN Lempeni Lumajang adalah seperti; kesulitan dalam pemilihan kosakata, kesulitan dalam penggunaan tanda baca dan huruf kapital, dan kurang terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. 2) Penerapan strategi pembelajaran menulis narasi bahasa Indonesia di MIN Lempeni Lumajang yaitu yang pertama dengan menerapkan pemberian contoh. Kedua dengan kegiatan diluar kelas. Ketiga dengan pembiasaan membuat kerangka. Keempat dengan bimbingan. Dan kelima dengan pembiasaan berbahasa Indonesia di kelas. 3) Dampak Penerapan strategi pembelajaran menulis narasi bahasa Indonesia di MIN Lempeni Lumajang yaitu siswa menjadi suka dan lebih termotivasi untuk menulis, kosakata bahasa Indonesia bertambah, dan lebih aktif dikelas sehingga tidak malu lagi bertanya. ENGLISH: Narration is one of the types of composition that is taught in Elementary School, especially. The aspect that is developed in learning narration is that the students have to be able to write a story step by step orderly. Besides, teaching writing is not as simple as it is thought. It needs a readiness of both teachers and students. This is equal with the revision of Curriculum 2013 which applies a literacy program in every single learning activity; one of them is writing process. Thus, by the applied of learning strategy, it can be able to help the students to write a narration. The aims of this research are to: (1) describe the students? difficulties of Indonesian narration writing skill on MIN Lempeni Lumajang, (2) describe the applied of learning strategy in writing the narration on MIN Lempeni Lumajang, (3) describe the impact of applying learning strategy in writing Indonesian narration on MIN Lempeni Lumajang. The method of this research is qualitative which will be describtive form. The objects are students and teachers of 5th and 6th grade of MIN Lempeni Lumajang. To get the real picture based on the phenomena that is happening, the researcher will be the only instrument in this research. In collecting the data, the researcher uses observation, interview, etc. moreover, the data will be analyzed by redacting, explaining and concluding the data. The results of this research show that: 1) the students? difficulties of writing Indonesian narration skill of MIN Lempeni Lumajang are; difficult to chose the proper word, difficult to use the mark, and difficult to differ when they use word capital., 2) applied learning strategy on writing Indonesian narration in MIN Lempeni Lumajang, first, applying to give an example and second, doing outdoor activity, third, habituated to make a plan, fourth, guiding and fifth, habituated to use Indonesian in the class., 3) the impact of learning strategy on writing Indonesian narration in MIN Lempeni Lumajang is that the students will be more motivated to write, the students? Indonesian vocabulary will increase, and the students will be more active in the class.} }