@thesis{thesis, author={Faizah Silviana Nur}, title ={Pengembangan modul IPA berbasis integrasi Islam dan Sains dengan pendekatan Inkuiri di MI Salafiyah Kutukan Blora}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11719/}, abstract={?????? ????? ????? ???? ???? ??? ??????? ?????? ????? ??????? ??????? ????? "???????" ?? ??????? ?????????? ??????? ??????? ?????? ????? ??? ??? ??????? ?? (1) 30% ?? ?????? ?? ??? ??? ???? ????? ????? ?? ??? ??? ??????? (2) ??? ???? ???? ????? ??????? ??????? ?? ???? ??????? ?????????? ???? ?? ??? ??? ??????? (3) ?? ??? ???? ???? ?????? ???? ???? ?????? ?? ?????? ??? ??????? ?????? ?? ??? ??????? ?????? ?????? ???? ????. ????? ??? ???? ????? ???? ???? ??? ??????? ?????? ????? ??????? ??????? ???? ??? ??????? ????? ??? ????? ???? ?????? ?? ??? ??????? ?????? ??????? ??????? ????? "???????" ?????? ???????? ?????? ?????? ???? ?????? ?? ??????? ?????????? ??????? ??????? ??????. ?????? ??? ????? ?????? ????? ????? ??? ??? ????. ????? ??????? ?????? ??? ????? ???? ?????? ?? ???? ?????? ????? ?????? ????? ????? ????? ?????? ????? ????? ?????? ?? ??????? ?????????? ??????? ??????? ??????. ??????? ?????? ?? ??? ????? ?? ????? ????? ????? ?????? ????? ???? ?????? ?????? ???? ?????? ?????? ???? ??????. ???? ????? ????? ???? ??? ?? ???? ?????? ?? ??? ??????? ?????? ??????? ??????? ??? ???? ???? ?????? ?? 84%? ????? ??????? ?? 86%? ????? ????? ?? 75%? ????? ?????? ?? 95%. ??? ??? ???? ?????? ????? ??? ????? ??? ????? ?????? ????? ???? ???????? t????ttabel (1,684). While level of student interest using the module for all of componet until 88% exellent score. Based on whole anlizing data result can conclud that Science Module based Islam and Science integration is valid, effectiv, and interest for 3rd grade of MI Salafiyah Kutukan Blora. ABSTRAK Pengembangan Modul IPA berbasis Integrasi Islam dan sains di MI Salafiyah Kutukan Blora ini didasarkan pada beberapa kesenjangan diantaranya (1) 30% siswa belum mencapai KKM IPA, (2) belum adanya pedoman integrasi sains dan Islam dan sains di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah khusunya mata pelajaran IPA, (3) belum tersedianya bahan ajar yang membimbing siswa dalam memperoleh produk/konsep IPA sebagai sarana mengetahui tanda-tanda kekuasaan Allah swt. Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan, maka pengembangan modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains menjadi penting dilakukan mengingat modul ini dapat membimbing siswa untuk melakukan/menemukan pengetahuan secara mandiri berdasarkan pendekatan inkuiri dalam penyusunannya dan dilengkapi dengan dalil al-Qur?an terkait materi yang akan dipelajari. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA berbasis Integrasi Islam dan Sains dengan pendekatan Inkuiri yang valid, efektif, dan menarik untuk siswa kelas III MI Salafiyah Kutukan Blora. Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan Walter Dick dan Lou Carey. Subyek penilaian untuk penilaian kelayakan modul ini yaitu ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, ahli pembelajaran, serta siswa kelas III MI Salafiyah Kutukan Blora. Langkah pokok pada penelitian ini adalah analisis kondisi awal, pengembangan rancangan modul, penulisan modul, dan penilaian modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA berbasis integrasi Islam} }