@thesis{thesis, author={Fadilah Nihayatul}, title ={Peran ekstrakurikuler badan dakwah islam dalam mengembangkan perilaku keagamaan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lawang}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11746/}, abstract={INDONESIA: Peran Pendidikan Agama Islam harus menjadi agent of change dalam mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih baik. Sedangkan jam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dirasa sedikit daripada mata pelajaran umum yang lain. Peranan sekolah dalam rangka mengantarkan siswa- siswinya untuk meningkatkan perilaku keberagamaan. Salah satu usaha yang dilakukan adalah memberikan suatu wadah yang berupa ekstrakurikuler keagamaan, supaya siswa dapat termotivasi untuk bertingkah laku yang baik terhadap dirinya sendiri, terhadap pencipta Nya dan terhadap sesamanya. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana peran ekstrakurikuler Badan Dakwah Islam (BDI) dalam mengembangkan perilaku keagamaan di SMAN 1 Lawang?, 2) Bagaimana perencanaan program kegiatan Badan Dakwah Islam dalam mengembangkan perilaku keagamaan siswa?, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat Badan Dakwah Islam dalam mengembangkan perilaku keagamaan siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) wawancara , dan 3) dokumentasi. Perumusan analisis data: 1) analisis selama pengumpulan data 2) analisis setelah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran Badan Dakwah Islam dalam mengembangkan perilaku keagamaan siswa di SMAN 1 Lawang melalui proses internalisasi nilai- nilai keagamaan. Proses internalisasi ini dilakukan dengan dua upaya yaitu a) Internalisasi nilai- nilai islam dalam mengembangkan perilaku keagamaan siswa, b) Internalisasi nilai- nilai melalui peran pengembangan diri dan prestasi siswa. 2) Perencanaan program yang dilakukan Badan Dakwah Islam (BDI) dalam megembangkan perilaku keagamaan siswa yaitu: a) Baca tulis Al- Qur?an b) Tadabur alam c) LDK d) Shalawat Banjari e) Nasyid f) Khitabah g) Pendalaman Fiqih h) Pendalam Akhlak i) pembagian buletin. 3)Faktor yang menjadi pendukung dalam mengembangkan perilaku keagamaan siswa yaitu: a)sifat kekeluargaan, b) motivasi, c) antusias siswa adapun faktor penghambat yaitu: a) pengaruh pada diri siswa, b) Pengaruh lingkungan ENGLISH: The role of Islamic religious education should be the agent of change in changing the behavior of the students towards the better. While the hours of learning subjects in Islamic education where less than other public subjects. The role of the school in order to improve pupil behaviour was delivering to the religion's. One of the work done is provide a container in the form of a religious extracurricular activity, so that students can be motivated to behave is good against himself, against His God and to each other. The research is aimed at: 1) how the role of extracurricular Badan Dakwah Islam (BDI) in developing the religious behavior of SMAN 1 Lawang?, 2) how to program planning activities Badan Dakwah Islam in developing religius behavior of student ?, 3) what factors supporting and restricting Badan Dakwah Islam in developing religius behavior of student This study used a qualitative approach to the types of qualitative research is descriptive. Using data collection techniques: 1) observation, 2) interviews, and 3) documentation. Data analysis: 1 formulation of) analysis during data collection 2) analysis after data collection. The results showed that 1) the role Badan Dakwah Islam in developing the religious behavior of students in the process of internalization of SMAN 1 religious values. The process of internalization is done with two efforts, namely a) internalization of Islamic values in developing students ' religious behavior, b) internalization of values through the role of self development and student achievement. 2) the program planning activities Badan Dakwah Islam (BDI) Islam in developing religius behavior of student is: a) Read-Write Al- Qur?an b) Tadabur alam c) LDK d) Shalawat Banjari e) Nasyid f) Khitabah g) Deeply understanding Fiqh h) Deeply understanding about Akhlak i) giving buletin. 3) factors supporting and restricting Badan Dakwah Islam in developing religius behavior of student is: a) the nature of family,b) motivation,c) enthusiastic studentsas for restricting factors, namely:a) influence on students,b) environmental Influences} }