@thesis{thesis, author={Nadya Dina Labbaika}, title ={Pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Madrasah Diniyah: Studi multi situs di Madrasah Diniyah Matholiul Huda dan Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11759/}, abstract={INDONESIA: Pembelajaran Fiqih merupakan salah satu bidang kajian ilmu agama Islam yang membahas persoalam hukum dari berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun hubungan dengan Tuhannya, sehingga dalam proses penanaman nilai-nilai hukum agama, membutuhkan tempat yang khusus berperan dalam peningkatan pemahaman agama Islam berdasarkan kitab-kitab klasik, salah satunya pada lembaga pendidikan Islam yang disebut dengan Madrasah Diniyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) perencanaan pembelajaran Fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Madrasah Diniyah Matholiul Huda dan Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang, (2) pengorganisasian pembelajaran Fiqih dengan mengunakan kitab kuning di Madrasah Diniyah Matholiul Huda dan Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang, (3) pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Madrasah Diniyah Matholiul Huda dan Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang, (4) evaluasi pembelajaran Fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Madrasah Diniyah Matholiul Huda dan Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian multi situs. Objek penelitian adalah pembelajaran fiqih. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisa tunggal yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dan analisa lintas situs . Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Matholiul Huda dan Nurul Ulum Putri dilakukan dengan beberapa langkah, meliputi rapat awal tahun, penetapan tujuan pembelajaran, penentuan materi pembelajaran, pengalokasian waktu pembelajaran, (2) pengorganisasian pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Matholiul Huda dan Nurul Ulum Putri diawali dari pembagian tugas mengajar, penetapan jadwal mengajar, penyediaan fasilitas penunjang dan pengembangan desain pembelajaran oleh masing-masing pengajar mata pelajaran fiqih., (3) pelaksanaan pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Matholiul Huda dan Nurul Ulum Putri menggunakan metode utama yakni metode bandongan dan tanya jawab, selain itu juga terdapat ceramah dan hafalan, dengan tanpa menggunakan media yang menunjang pembelajaran, (4) evaluasi pembelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Matholiul Huda dan Nurul Ulum Putri dengan aspek penilaian keseharian, dan penilaian pada ujian akhir madrasah melalui bentuk penilaian tertulis, lisan maupun praktik. ENGLISH: The study of Fiqih is one of Moslem education fields which describe about law and many aspects of human life, including self existence, society and relationship with God. So that in the process of planting religious values need a spesial place which has a role in increasing moslem comprehension based on clasical books, one of the places called Madrasah Diniyah. The objectives of the study are to describe: (1) Fiqih education planning by using kitab kuning at Madrasah Diniyah Matholiul Huda and Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang (2) Organizing the study of Fiqih by using kitab kuning at Madrasah Diniyah Matholiul Huda and Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang (3) Realization of the study of Fiqih by using kitab kuning at Madrasah Diniyah Matholiul Huda and Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang (4) Evaluation of the study of Fiqih by using kitab kuning at Madrasah Diniyah Matholiul Huda and Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang. In this study, the writer uses descriptive qualitative approach, the type of research is multi site reaearch. The object of this study is the study of Fiqih. In collecting the data, the writer uses observation, interview and documentation technique. In analyzing the data, the writer uses single analysis model like data reduction, data presentation, and data verification and across site analysis. The technique used to investigate the validity of the data is using source and triangulation technique. This study reveals that (1) Fiqih education planning at Madrasah Diniyah Matholiul Huda and Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang did by several steps including meeting in the beggining of the year, determining the objective of the study, determining the subject of the study, allocating the time of the study (2) Organizing the study of Fiqih at Madrasah Diniyah Matholiul Huda and Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang began by dividing the teaching task, teaching schedule, supplying the supporting facility and developing study design by Fiqih teacher (3) Realization the study of Fiqih at Madrasah Diniyah Matholiul Huda and Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Malang used main methods, they are bandongan and question and answer, besides there are also speech and memorize without using any media that support the study (4) Evaluation of Fiqih at Madrasah Diniyah Matholiul Huda and M} }