@thesis{thesis, author={Noor Aditia Muhammad}, title ={Model pendidikan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin: Studi kasus Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Pasuruan}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11760/}, abstract={INDONESIA: Pendidikan adalah upaya untuk menciptakan generasi membentuk moral seseorang sehingga terangkat bermartabat harkat dan martabatnya. Akan tetapi dewasa ini pendidikan hanya dirasakan bagi orang-orang normal tanpa masalah sosial, lantas bagaimana dengan orang-orang yang mengalami masalah sosial seperti pecandu narkoba, korban seks bebas dan orang gila, bukankah mereka juga berhak mendapatkan pendidikan dan bukankah pendidikan adalah upaya memanusiakan manusia. Untuk itu pendidikan Islam Rahmatan Lil ?Alamin hadir sebagai bentuk model yang dapat mengayomi agar fitrah mereka sebagai manusia bisa terangkat. Berpijak pada latar belakang diatas, maka penelitian ini berfokus pada: Bagaimana proses dan pola pendidikan Islam yang diterapkan di Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Pasuruan, serta faktor pendukung dan penghambat terselenggaranya pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan pola yang digunakan pendidikan Islam yang sesuai dengan model Pendidikan Islam Rahmatan Lil ?Alamin dalam mengangkat harkat martabat manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisinya menggunakan analisis deskriptif. Adapun informan yang kami teliti ialah pimpinan pesantren, ustadz-ustadzah, santri dan alumni. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pendidikan yang dilakukan di Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Pasuruan mengacu pada tiga substansi yakni akidah, akhlak dan ibadah. Adapun pola yang diterapkan ialah pengaruh pengasuh yang tidak hanya berperan sebagai pimpinan, melainkan sebagai orang tua juga guru mereka. Pola yang dibangun seperti inilah yang dapat mengikat emosional santri dengan pengasuh. Kemudian seluruh santri dibina melalui kegiatan-kegiatan seperti berkebun, berternak memasak, yang dapat membiasakan mereka menjadi lebih mandiri. Aturan yang diterapkan pesantren tidak terlepas dari pembelajaran untuk membiasakan diri hidup dengan nilai dan norma-norma. Adapun faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran siswa terletak pada keseriusan para santri dan dukungan keluarga dan hambatan yang dialami di pesantren metal ialah pengayoman pengajar, ustadz dan ustadzah serta pemanfaatan media pembelajaran. ENGLISH: Education is the way to create generation to make individual moral, so it will be picked up the dignity and value. Nowdays this education is only felt for normal people without social problrm. Then, how about the people who experience social such as drugs addict, free sex victims and crazy people. They do deserve to get the same education, don't they. Therefore, education exists in order to humanize the humans. Therefore, Islamic Rducation Rahmatan Lil ?Alamin comes as the role model that can guide for their fitrah as people that can be up. Refers to the background knowledge, thid research focuses to: How Islamic Education proses and pattern which is practiced in Metal Muslim Al-Hidayah Pasuruan Boarding School, supported factor and obstacle Islamic education. This research aims to describe process and pattern which are used in Islamic education that is match with Islamic education rahmatan lil ?alamin in proked up the dignity and value of people. This research uses qualitative approach. It uses observation method, interview and documentation. However, the analysis uses describtive analysis. The informant that abserve is the leaders of boarding school, the teachers, students and ex students. The result of this research shows that education process which is done in Metal Muslim Al-Hidayah Pauruan Boarding School refers to the aspects such as akidah, akhlak and ibadah. The pattern is influenced by the leader who is humanism and can assimilate with student. It is created to he students emotional with the leader. Then, the rule which are done in the boarding school are not push, because the students who stay in Metal Boearding School are not the common students. They are drugs addict, free sex victims, derelict and crazy people. There are supported factors and obstacle education factors in student which is done in the seriousness students and family supported and the obstacle which is done in the Metal Boarding School it is teacher protection, teacher and also the usage of education media.} }