@thesis{thesis, author={Abda’i Hanif Faisal}, title ={Implementasi kegiatan ekstrakurikuler sekolah taruna berbasis akhlak dalam peningkatan sikap disiplin beribadah peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gemarang Kabupaten Madiun}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11762/}, abstract={ABSTRAK Dalam kehidupan di masyarakat Madiun khsusnya di daerah kecamatan Gemarang sangat minim sekali pembinaan agama. Tidak adanya ahli agama seperti ustadz ataupun kyai yang mumpuni membuat masyarakatnya buta akan pemahaman agama. Selain itu juga letak secara geografis kecamatan Gemarang bertempat di lereng gunung wilis di desa yang dapat dibilang jauh dari perkotaan. Pelajar SMKN 1 Gemarang pun di dominasi pada penduduk di sekitar desa. Hal ini tentu membuat akhlak dan perilaku para pelajar jauh dari pencerminan seorang muslim. Apalagi mengenai soal disipin dalam hal beribadah. Terkadang Islam hanyalah sekedar status agama. Namun minim sekali pelaksaan kewajiban sebagai seorang muslim. Penanaman akhlak karimah tentu perlu dilakukan dalam rangka memperbaiki kepribadian seseorang yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui implementasi kegiatan ekstrakurikuler taruna berbasis akhlak mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. 2) Untuk meningkatkan sikap disiplin beribadah siswa SMKN 1 Gemarang Madiun. Sehubungan dengan masalah yang terkait dengan implementasi kegiatan ekstrakurikuler sekolah Taruna Akhlak dalam meningkatkan sikap disiplin beribadah siswa di SMKN 1 Gemarang Madiun, maka peneliti memfokuskan penelitian sebagai berikut: 1) Implementasi kegiatan mulai dari perencaaan, pelaksaaan dan evaluasi ekstra kulikuler sekolah Taruna Berbasis Akhlak di SMKN 1 Gemarang. 2) Peningkatan sikap disiplin beribadah siswa SMKN 1 Gemarang Madiun. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Gemarang menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut adalah dengan adanya implementasi dari kegiatan taruna akhlak untuk menciptakan lingkungan yang Islami dan berdisiplin dalam beribadah di masyarakat pada umumnya dan di lingkungan sekolah pada khususnya. Melalui bimbingan dari taruna akhlak yang berupa kegiatan istighotsah setiap hari jum?at, melakukan sholat dhuha berjama?ah dan kuliah tujuh menit selain itu juga ada bimbingan konseling pada setiap anak yang terbilang istimewa, dan hafalan surat-surat pendek dalam al-Qur?an. Mampu membuat siswanya berupaya untuk berbuat disiplin dalam beribadah. ABSTRACT Life in Madiun community especially in the district Gemarang very minimal religious coaching. The absence of religious scholars such as ustadz or kyai who qualified to make people blind to the understanding of religion. In addition, geographically located Gemarang district located on the slopes of mountain Wilis in the village which can be considered far from urban areas. Students Vocational High School 1 Gemarang also dominated the population around the village. This certainly makes the morality and behavior of the students away from the reflection of a Muslim. Especially about the discipline in terms of worship. Sometimes Islam is just a religious status. But the minimal implementation of obligations as a Muslim. Cultivation of morality karimah certainly needs to be done in order to improve the personality of a good person. The purpose of this research are: 1) To know the implementation of civic-based extracurricular activities ranging from planning implementation and evaluation. 2) To improve discipline attitude of worship students in Vocational High School 1 Gemarang Madiun. In relation to the problems related to the implementation of extracurricular activities of the school of Taruna Akhlak in improving the attitude of discipline of worship of students in Vocational High School 1 Gemarang Madiun, the researcher focuses the research as follows: 1) Implementation of activities ranging from planning, implementation and evaluation of extracurricular schools Taruna Akhlak in Vocational High School 1 Gemarang. 2) Increased disciplinary attitude of students worship Vocational High School 1 Gemarang Madiun. This research was conducted in Vocational High School 1 Gemarang using descriptive qualitative method using data collection method: interview, observation, and documentation. From the results of the research is by the implementation of Taruna Akhlak to create an Islamic environment and discipline in worship in the community in general and in the school environment in particular. Through the guidance of cadets in the form of activities istighotsah every Friday, performing Dhuha prayers in congregation and seven-minute lecture besides there is also counseling guidance on each child is somewhat special, and memorize short letters in the Qur'an. Able to make students try to do discipline in worship.} }