@thesis{thesis, author={Novitasari I’in}, title ={Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa SMA Brawijaya Smart School Malang}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11766/}, abstract={INDONESIA: Akhlak adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama siswa, karena baik buruknya seseorang dilihat dari akhlak yang dimilikinya. Di zaman yang serba modern ini banyak sekali muncul fenomena tentang menurunya akhlak yang dimiliki siswa, banyaknya tawuran antar pelajar, seks bebas, penyalahgunaan narkoba, da lain sebagainya. Kemajuan teknologi yang disalah gunakan juga menjadi pemicu tindak kejahatan lainya, karena dengan mengakses di internet siswa sudah dapat bebas mendapat informasi dari manapun tanpa batas ruang dan waktu. Dengan perkembangan tersebut menyebabkan dampak negative bagi semua kalangan termasuk para siswa. Disinilah peran guru terutama guru pendidikan agama Islam untuk membina akhlak siswa agar terhindar dari perilaku yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Dalam mengatasi hal ini dibutuhan strategi guna untuk membina akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di SMA Brawijaya Smart School Malang 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak siswa di SMA Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan data-data yang ada di lokasi penelitian. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru pendidikan agama islam di SMA Brawijaya Smart School Malang dalam pembinaan akhlak siswa meliputi strategi pendampingan, strategi pengawasan atau monitoring, strategi pembiasaan, keteladanan, serta dengan menggunakan strategi hukuman. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dari pembinaan akhlak siswa SMA Brawijaya Smart School Malang, faktor pendukung yaitu: banyaknya peraturan sekolah yang selaras dengan pembinaan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dan memiliki visi, misi dan tujuan yang sama. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang siswa yang berbeda-beda, kurang adanya keseimbangan antara lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat yang berdampak tidak terimplementasikannya pembinaan akhlak yang diterapkan oleh sekolah, kendala muncul dari stakeholder sendiri, dan kendala muncul dari diri siswa sendiri. ENGLISH: It must be noted for everyone to have good moral, especially for students. As we know that we can see someone?s good and bad side from his moral. Nowadays, there is a phenomenon about moral degradation owned by students, such as students? fight, free sex, drugs and others. A misused technology is one of the crime trigger. It happens because the students can reach internet easily wherever and whenever they are without limitation. However, it causes some negative effects to the people included students. That is why, teacher?s role is definitely needed, especially Islamic teacher to develop students? moral so that they can avoid inappropriate behavior in Islam. Therefore, teacher needs some strategies to overcome those problems. The objectives of this current study were 1) To describe moral development done by Islamic teacher in SMA Brawijaya Smart School Malang 2) To know the upported factors and the obstacles in developing students? moral in SMA Brawijaya Smart School Malang To achieve the above goals, using qualitave reseach methods a descriptive. And as the methode for data collection are in use observation, interview, ang documentation followed by data analysis through reduction, data presentation and conclusion. The result showed that 1) to develop students? moral, Islamic teacher in SMA Brawijaya Smart School Malang had some strategies such as associating, observing and monitoring, providing model, and punishment strategies. 2) Supported factor in developing students moral were, some school?s rules have the similar content to the moral development by Islamic teacher. They had equal vision, mission and purpose. Meanwhile, some obstacles found in developing students? moral were, firstly, the difference of students? background. Secondly, the school, family environment and society were not balance and equal, so that the students did not apply the moral development which have done in the school. It happened due to the stakeholder and from the students itself.} }