@thesis{thesis, author={Rini Dinar Nisma}, title ={Pembelajaran Al-Quran menggunakan metode bil qolam dan qiro’ati di TPQ Al-Hidayah Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11774/}, abstract={INDONESIA: Al-Qur?an merupakan pedoman hidup umat manusia. Sehingga manusia wajib hukumnya mempelajari Al-Qur?an dengan baik dan benar dari segala aspek, khususnya cara membacanya. Oleh karena itu dibutuhkan pembelajaran Al-Qur?an yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan output yang baik. Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan penerapan metode yang baik dan efektif. Metode yang baik dan efektif merupakan metode yang mudah dipahami oleh peserta didik. Ada berbagai cara untuk mendapatkan metode yang baik dan efektif, diantaranya dengan menggabungkan dua metode pembelajaran. Seperti halnya pembelajaran Al-Quran yang ada di TPQ Al-Hidayah Toyomarto yang menggabungkan metode Bil Qolam dan Qiro?ati untuk mempermudah pengajaran dan menciptakan santri yang memiliki kualitas bacaan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pembelajaran Al-Qur?an menggunakan metode bil qolam dan qiro?ati, 2) Mengetahui kelebihan dan kelemahan mengenai pembelajaran Al-Qur?an menggunakan metode bil qolam dan qiro?ati, 3) faktor pendorong dan penghambat pembelajaran Al-Qur?an menggunakan metode bil qolam dan qiro?ati di TPQ Al-Hidayah Toyomarto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan data-data yang ada di lokasi penelitian. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Bil Qolam dan Qiro?ati di TPQ Al-Hidayah Toyomarto dilakukan dengan cara menggabungkan keduanya, materi pembelajaran menggunakan metode bil qolam dan teknik pengajaran menggunakan metode qiro?ati 2) Metode Bil Qolam memiliki kelebihan pada materi, sedangkan Qiro?ati memiliki kelebihan dalam strategi pengajarannya 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode tersebut berasal dari dalam (intern) dan luar (ekstern). ENGLISH: Al-Qur?an is a guidelines and instruction of human life, so every human are obligated to study the Qur?an with good and right of all aspect, in particular how to read Al-Qur?an. Because of that, we need Qur?an learning quality, which can generated good output. Learning quality need implementation of good and afective methode. The good and efective methode easily understood by the learners (students). There are variuos ways to obtain a good and efective methods, one of them is colaborate two methods, likes Al-Qur?an learning in TPQ Al-Hidayah of Toyomarto, which colaborate bil qolam dan qiroati methods to easily of Al-Qur?an learning and creating learns/students eho have qualities and a good Qur?an recitation. The purpose of this research is : 1) to describe Qur?an learning by using bil qolam and qiroati methods, 2) To find out the pros and cons of learning the Qur?an use bil qolam and qiroati methods, 3) To find out the driving factor and endowments factor of learning the Qur?an use bil qolam and qiroati methods in TPQ Al-Hidayah Toyomarto. In doing this reasech the researchen used descriptive qualitative, which that purpose is to descibe files in the location of research. In this reasearch, researchen used methods of collective data with observation, interview and documentaion. In data analysis used reduction of data, exposure of data and conclusion. The result of research showed that : 1) Implementation of bil qolam and qiroati methods in TPQ Al-Hidayah of Toyomarto with combination of both, that is material of learning used bil qolam and technic of learning used qiro?ati methods. 2) Pros of this methods at material of learning, and qiro?ati have a cons, it is strategy of learning. 3) the driving factor and endowments factor of learning the Qur?an use bil qolam and qiroati methods in TPQ Al-Hidayah Toyomartois intern and ekstern factor.} }