@thesis{thesis, author={Umniyyah Inas}, title ={تقويم تطبيق المنهج ٢٠١٣ في تعليم اللغة العربية بمدرسة "هداية الشبان" المتوسطة الإسلامية سمارانج من خلال النظرية التعلمية فيكوتسكي}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11778/}, abstract={?????? ????? ????? ?????? ??????? 2013 ?? ????? ???????? ???? ?? ?????? ?? ?????? ???? ?????? ?? ????? ??????. ??? ???? ?????? ???? ?????? ??????? ??? ????? ??????? ??? ??? ???????. ?? ????? ???????? ?? ??? ?????? ????? ?? ??????? ???????? ???? ??? ?????? ????? ?? ????? ??????. ???? ?? ??????? ??? ??????? ????? ??? ??? ????? ??????? ?????? ????? ????? ?? ????? ??????? ?????????? ???? ???? ??????. ?? ?????? ??????? ???? ??????? ????? ?????: 1) ????? ????? ?????? ?????? (ZPD) ?? ????? ????? ??????? ??????? 2013 ?? ????? "????? ??????" ???????? ????????? ??????? ?? ???? ??????? ???????? ????????. 2) ????? ???????? (Scaffolding) ?? ????? ????? ??????? ??????? 2013 ?? ????? "????? ??????" ???????? ????????? ??????? ?? ???? ??????? ???????? ????????. ? ??? ???? ??? ????? ??????? ?????? ??? ?????? ?????? ????????. ? ????? ??? ?????: 1) ????? ????? ?????? ?????? ?? ????? ????? ??????? ???? ?? ?????? ????? ???? ????? ????? ????? ??????? ?? ????? ????? ???????? ???????? ???????? ?? ????? ????? ?????? ??????? ????? ??? ????? ????? 75% ???? ??? 2) ????? ???????? ?? ????? ????? ??????? ???? ?? ????? ?????? ??? ???????? ?????? ???? ?? ????? ????? ??????? ?? ????? ??????. ????? ??? ????? ????? 56,25% ???? ?????. ABSTRACT Curriculum learning 2013, teacher encouraged to be more creative in providing learning materials. Then, teacher also asked to focus more on educational process rather than outcomes. The goal is to get students as the main target of planned change and hopefully to be human beings of character. In Vygotsky theory, if student involved in learning process, teacher must accompany all of activity. Therefore, teacher and classmate have significant impact to cognitive growth student, and study group speed up student growth. The purpose of this research is to describe how the application of ZPD (Zone Proximal of Development) in learning Arabic and describe how the application of Scaffolding for learning Arabic in Islamic Junior High School of Hidayatus Syubban Semarang. The methods that used by research in this reseach is using qualitative and methodology of evaluative descriptive. The result of this study: 1) The application of ZPD (Zone Proximal of Development) in learning Arabic Included to a good category is 75%. All of the indicators are almost implemented. 2) The application of scaffolding in learning Arabic in enough category is 56,25%. Not all the indicators are implemented ABSTRAK Pembelajaran kurikulum 2013, guru dianjurkan untuk menjadi lebih kreatif dalam menyediakan materi-materi pembelajaran. Kemudian, guru juga diminta untuk lebih fokus pada proses pendidikan daripada hasil. Tujuannya adalah untuk membuat siswa sebagai target utama dari perubahan yang direncanakan dan diharapkan akan menjadi manusia yang berkarakter. Dalam teori Vygotsky, jika siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran, guru harus menemani semua aktivitas siswanya. Karena guru dan teman sebaya memiliki dampak yang sangat signifikan pada pertumbuhan kognitif siswa, dan tampaknya belajar kelompok mempercepat pertumbuhan siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi bagaimana penerapan ZPD (Zona Proximal of Development) dalam pembelajaran bahasa Arab dan mengevaluasi bagaimana penerapan scaffolding dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah MTs Hidayatus Syubban Semarang. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan metodologi Deskriptif-Evaluatif. Hasil dari penelitian ini: 1) Penerapan ZPD (Zone Proximal of Development) dalam pembelajaran bahasa Arab dalam kategori baik yakni 75%. Semua indikator hampir terlaksana. . 2) Penerapan scaffolding dalam pembelajaran bahasa Arab dalam kategori cukup yakni 56,25%. Tidak semua indikator terlaksana.} }