@thesis{thesis, author={Sakti M. Nawa Syarif Fajar}, title ={Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada sanggar budaya posdaya di Masjid Nurul Khasanah Pujon Kabupaten Malang}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11784/}, abstract={INDONESIA: Adanya internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada Sanggar Budaya kepada peserta didik agar peserta didik lebih mampu memahami ajaran agama Islam, tetapi mereka juga tetap mempertahankan kebudayaan setempat yang menjadi kearifan lokal. Nilai-nilai PAI yang diantara adalah nilai dalam bidang keimanan, syari?ah dan akhlak. Sedangkan kebudayaan diartikan segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia sebagai hasil pemikiran akal dan budinya. Peradaban sebagai hasil akal budi manusia. Ilmu pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang dimanfaatkan untuk kehidupannya dan memberi manfaat kepadanya. Kebudayaan memiliki peranan penting dalam menginternalisasikan nilai-nilai PAI kepada peserta didik di Sanggar Posdaya Masjid Nurul Khasanah Pujon Kabupaten Malang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran Sanggar Budaya Posdaya di Masjid Nurul Khasanah Pujon Kabupaten Malang dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik 2) Untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui Budaya pada Sanggar Budaya Posdaya di Masjid Nurul Khasanah Pujon Kabupaten Malang. 3) Untuk mengetahui upaya pelestarian internalisasi Pendidikan Agama Islam pada Sanggar Budaya Posdaya di Masjid Nurul Khasanah Pujon Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan memakai metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif (non statistik) yang bersifat eksploratif, yaitu menggambarkan atau menguraikan secara detail data yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran Sanggar peran Sanggar Budaya Posdaya di Masjid Nurul Khasanah Pujon Kabupaten Malang dalam menginternalisasikan nilai-nilai Agama Islam kepada peserta didik meliputi: a) Sanggar Budaya ini dibentuk bertujuan untuk menampung bakat dan minat anak-anak Desa Madiredo yang tertarik di bidang kesenian daerah setempat. b) Melalui Sanggar Budaya ini diterapkan pendekatan persuasif dalam proses pembelajarannya. Yakni suatu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator terhadap peserta didik di Sanggar Budaya Posdaya Masjid Nurul Khasanah Pujon Kabupaten Malang. 2) Proses Internalisasi nilai-nilai Agama Islam melalui Budaya pada Sanggar Budaya Posdaya di Masjid Nurul Khasanah Pujon Kabupaten Malang meliputi: a) Kegiatan Kebudayaan, Kegiatan yang di dalamnya menjadikan agama sebagai tradisi pada lembaga pendidikan maka secara sadar maupun tidak ketika warga lembaga mengikuti tradisi yang telah tertanam tersebut sebenarnya warga lembaga pendidikan sudah melakukan ajaran agama. b) Kegiatan Keagamaan, Kegiatan yang di dalamnya merupakan kegaitan murni dari ajaran Agama Islam yang tidak tercampur dengan kegiatan lainnya. Maka secara sadar kegiatan ini mennginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada lembaga pendidikan tersebut. 3) Upaya pelestarian internalisasi Pendidikan Agama Islam pada Sanggar Budaya Posdaya di Masjid Nurul Khasanah Pujon Kabupaten Malang dilaksanakan melalui beberapa pendekatan. Adapun beberapa pendekatan yang dapat dilakukan oleh praktisi pendidikan untuk mewujudkan budaya religius sekolah antara lain: a) Pendekatan pembiasaan,b) Pendekatan pemberian contoh, c) Pendekatan persuasive, d) Pendekatan rasionalisasi beruapa alasan dan prospek yang baik. ENGLISH: The existence of internalization of the values of Islamic Education in Cultural Studio to learners so that learners are better able to understand the teachings of Islam, but they also maintain the local culture that becomes local wisdom. The values of Islamic Education are among the values in the field of faith, shari'ah and morals. While the culture is defined everything that is done by humans as the result of mind and mind thinking. Civilization as the result of human reason. Human science as a social being used for life and beneficial to it. Culture has an important role in internalizing the values of Islamic Education to students in Cultural Studio Posdaya Masjid Nurul Khasanah Pujon Malang Regency. The purpose of this research are: 1) To know the role of Posdaya Cultural Studio in Nurul Khasanah Mosque Pujon Malang Regency in internalize the values of Islamic Religious Education to the students 2) To know the process of internalizing the values of Islamic Religious Education through Culture in Cultural Studio Posdaya at Nurul Khasanah Mosque Pujon Malang Regency. 3) To know the effort to preserve the internalization of Islamic Religious Education at Posdaya Cultural Center in Nurul Khasanah Mosque Pujon Malang Regency. This research uses qualitative approach with field research type and use descriptive method. Data collection techniques use Interview, Observati} }