@thesis{thesis, author={Adji Ismaniatul Juli Hana}, title ={Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan penerapan model pembelajaran inkuiri pendekatan TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Gedangan}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11950/}, abstract={ABSTRAK Ketatnya persaingan berpengaruh dibidang pendidikan, tuntutan sistem pendidikan di Indonesia saat ini diharapkan mampu membekali siswa dengan keterampilan belajar berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di lapangan diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah yang ditunjukkan dengan 43,75 % dari 32 siswa yang nilainya telah mencapai KKM sebesar 75, soal-soal yang dikerjakan selama pembelajaran fisika masih dalam ranah kognitif C1, C2, dan C3, serta LKS yang diberikan belum sepenuhnya mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan rencana pembelajaran, aktivitas, respon serta keterampilan berpikir kritis siswa dalam penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran fisika. Desain penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gedangan pada tanggal 25 Maret-10 April 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan Kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2 (kelas kontrol). Setelah melalui analisis normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa varians populasi berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini telah terlaksana sangat baik dengan persentase 85,1%, aktivitas siswa di kelas eksperimen 1 memperoleh hasil lebih unggul dari kelas eksperimen 2 yaitu 81,12% di kelas eksperimen 1 dan 75,18% di kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t dua pihak dan satu pihak menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen 1 memiliki hasil yang lebih baik daripada di kelas eksperimen 2 dengan nilai thitung sebesar 3,92. Ini menunjukkan bahwa penelitian ini telah terlaksana dan mendapatkan respon positif dari siswa sebesar 85,70%. Dengan demikian model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan TGT dapat diterapkan dalam psikologi pendidikan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. ABSTRACT The tight competition in the field of education, educational system demands are expected to equip students with critical thinking skills. Based on the results of observations and interviews in the field, obtained the critical thinking skills of students is still relatively low proved from 100%: 43.75% means that of 32 students only 14 students whose value has reached KKM of 75, the matter of physics cognitive sphere C1, C2, and C3, and the working LKS has not fully achieved the KKM value. The purpose of this research is to describe the implementation of learning plan, activity, response and critical thinking skill in applying inquiry learning model with TGT approach (Teams Games Tournament). Design research using Non-equivalent Control Group Design. This research was conducted at SMAN 1 Gedangan on March 25-April 10, 2017. The subjects of the study were the students of class XI IPA 1 as experiment 1 and Class XI IPA 5 as experiment 2 (control class). Through normality and homogeneity analysis it is found that the population variance is normally distributed and homogeneous. The results showed that the students' activity in the experimental class 1 obtained superior results from the experimental class 2 that was 81.12% in the experimental class 1 and 75.18% in the experimental class 2. This indicates that this research has been done and succeeded. Thus the research can be applied in psychology education to improve students' critical thinking skills.} }