@thesis{thesis, author={Misbahuddin Jahuar Fikri}, title ={Implementasi program laku pandai di BRI Syariah Kantor Cabang Malang}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11960/}, abstract={ABSTRAK Otoritas Jasa Keuangan merupakan sebuah lembaga yang fungsinya mengawasi kegiatan perbankan. Namun kondisi geografis dan masalah infrastruktur di Indonesia membuat fungsi perbankan tidak maksimal dalam menjangkau seluruh masyarakat. Maka melalui Otoritas Jasa Keuangan dibentuklah program Laku Pandai (Layanan Keuangan Umum Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif) agar perbankan dapat menjangkau seluruh masyarakat. Salah satu perbankan yang ikut serta adalah BRI Syariah. BRI Syariah mulai menerapkan program Laku Pandai tersebut di tahun 2016 dan sudah diterapkan di seluruh kantor cabang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk implementasi serta dampak dari program Laku Pandai tersebut di BRI Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di mana tujuannya adalah untuk menggambarkan bentuk penerapan program Laku Pandai di BRI Syariah Kantor Cabang Malang. Subyek penelitian ada tiga orang. Data dikumpulkan dengan cara observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisa data melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Laku Pandai di BRI Syariah Kantor Cabang Malang sudah sesuai Peraturan OJK. Dampak yang didapat yaitu mendorong pertumbuhan inklusi serta literasi keuangan di Malang. Selain itu dengan adanya Laku Pandai juga mendorong peningkatan nilai Dana Pihak Ketiga di BRI Syariah Kantor Cabang Malang. ABSTRACT The Financial Services Authority is an institution to oversee banking activities. However, geographical conditions and infrastructure problems in Indonesia make the banking function is not maximal in reaching the entire community. Thus, through the Financial Services Authority, the Laku pandai Program (Non-Office Public Finance In-Inclusive Financial Service) was established to reach all communities. One of the banks that participated was BRI Syariah. BRI Syariah began to implement the Laku pandai program in 2016 and has been implemented in all branch offices. The purposes of the research are to find out the implementation and impact of the Laku pandai program at BRI Syariah. The research used descriptive qualitative approach to describe the form of Laku pandai program implementation at BRI Syariah of Malang Branch Office. There were three subjects. Data were collected by observation, interview, and documentation. Data analysis was through three stages: data reduction, data presentation, and conclusion. The research results showed that the implementation of Laku pandai at BRI Syariah of Malang Branch Office was in accordance with OJK Rules. The impact supported growth of inclusion and financial literacy in Malang. In addition, the existence of Laku pandai also encouraged the increase of the Third Party Funds value at BRI Syariah of Malang Branch Office} }