@thesis{thesis, author={Alfiati Yunia}, title ={Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepatuhan terhadap peraturan penggunaan bahasa billingual pada santri Islamic Boarding School of Al Multazam Mojokerto}, year={2015}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/1197/}, abstract={INDONESIA: Penguasaan bahasa asing dianggap sebagai sumberdaya yang cukup penting di era yang semakin berkembang ini. Karena bahasa merupakan salah satu media untuk bisa membantu interaksi antar individu dengan baik. Saat ini telah banyak lembaga pendidikan yang juga telah menerapkan penggunaan bahasa asing dalam sistemnya. Salah satunya adalah Islamic Boarding School of Al Mutazam Mojokerto, sebuah pondok pesantren yang menerapan sistem penggunaan bahasa billingual (Bahasa arab dan Inggris). Kepatuhan santri terhadap peraturan terutama peraturan penggunaan bahasa billingual tentunya tidak terlepas dari faktor lingkungan yang ada disekitarnya, terutama teman sebaya yang dianggap cukup berperan dalam hal ini. Karena interaksi santri lebih banyak dengan teman-temannya daripada dengan pihak lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dukungan social teman sebaya dan tingkat kepatuhan terhadap peraturan penggunaan bahasa bilingual pada santri Islamic Boarding School of Al Multazam Mojokerto. Serta untuk menguji apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepatuhan terhadap peraturan penggunaan bahasa billingual pada santri Islamic Boarding School of Al Multazam Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Subjek penelitian berjumlah 25% dari populasi yakni 75 santri Islamic Boarding School of Al Multazam Mojokerto yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan obeservasi, wawancara dan kuisioner. Analisis keseluruhan komputasi data dilakukan dengan bantuan fasilitas konputer program SPSS 16.0 for windows. Hasil menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial teman sebaya yang dimiliki santri Islamic Boarding School of Al Multazam Mojokerto sebagian besar berada pada kategori sedang dengan prosentase 61,4%, tingkat kepatuhan terhadap peraturan penggunaan bahasa bilingual pada santri Islamic Boarding School of Al Multazam Mojokerto sebagian besar berada pada kategori sedang dengan prosentase 53,3%. Dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kepatuhan terhadap peraturan penggunaan bahasa bilingual santri dengan angka koefisiensi korelasi rxy sebesar 0,449 dengan taraf signifikansi P=0,000 (P?0,05). ENGLISH: Foreign language mastery is regarded as an important resource in this growing era. Because language is a medium for helping interaction between individuals. Currently, many educational institutions also implemented the use of foreign languages in the system. One is the Islamic Boarding School of Al MutazamMojokerto, a boarding school that use bilingual language system (Arabic and English languages). The studentobedienceto the rules, especially rulesabout billingual language use must not be separated from environmental factors that are nearby.Especially peers who are considered instrumental in this regard.Because the students have more interaction with their friends than with others. This study aims to determine the level of peers social support and the level of obediencetothe rulesof bilingual uses on Islamic Boarding School of Al Multazam students inMojokerto. And to examine whether there is a correlation between peers social support with obedience tothe rules of billingual useson Islamic Boarding School of Al Multazamstudents inMojokerto. The method used in this study is a quantitative correlation. Subject study amounted to 25% of the population . There are 75 students of Islamic Boarding School of Al MultazamMojokerto were selected using cluster sampling technique. To collect the data¸ researcher uses observation, interview and questionnaires. The overall analysis of data computation is done with the help of the computer is the facility SPSS 16.0 for Windows. The results showed that the level of peer social support of Islamic Boarding School students of Al MultazamMojokerto mostly in middle category with a percentage of 61.4%, the level of obediencetothe rules of billingual uses on Islamic Boarding School of Al Multazam students Mojokerto mostly in medium category with a percentage of 53.3%. And there is a significant positive correlation between peers social support with obedience tothe rules of billingual useson Islamic Boarding School of Al Multazam students in Mojokerto.correlation coefficient r xy numbers of 0.449 with a significance level of P = 0.000 (P?0,05)} }