@thesis{thesis, author={Ansori Muchammad Faisol}, title ={Desain strategi pemasaran pembiayaan modal kerja sektor mikro pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11970/}, abstract={INDONESIA: Strategi pemasaran memiliki fungsi penting bagi bank syariah dan berpengaruh pada kepuasan dan pelayanan nasabah. Hasil fungsi intermediasi, pembiayaan produktif Februari 2017 didominasi sektor non UMKM, padahal sektor tersebut terus berkembang setiap tahunnya. UMKM Kota Malang tahun 2017 menjadi brandingUMKM Jawa Timur, tetapi memiliki hambatan permodalan. Disisi lain, Bank Syariah Mandiri merupakan Bank Umum Syariah dengan pembiayaan mikro terbaik nasional. Pembiayaan mikro Bank Syariah Mandiri cabang Malang menarik diteliti bagaimana desain strategi pemasaran dan hambatan dalam prosesnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan desain strategi pemasaran pembiayaan mikro modal kerja dan hambatannya. Hasilnya, Bank Syariah Mandiri Cabang Malang menerapkan strategi pemasaran canvassing, referral, dan Top Up inisiatif Bank (TUIB)dengan dukungan pilar strategi bisnis mikro. Segmennya adalah jasa, perdagangan, perumahan, serta masyarakat berpenghasilan tetap dengan mayoritas pembiayaan pada sektor perdagangan dalam bentuk modal kerja. Maintenancedan restrukturisasi merupakan tindakan saat kondisi pembiayaan buruk, sedangkan pengembangan adalah tindakan saat kondisi pembiayaan baik. Hambatannya adalah persaingan, tingkat platform, komptensi SDM internal, kondisi nasabah, serta kondisi alam. Solusinya adalah perluasan pemasaran potensial dan bankable, canvassing, akses pembiayaan, serta pelayanan nasabah. Strategi pemasaran menorehkan hasil, outstanding pembiayaan mikro naik 3 % dan menjadi pembiayaan mikro terbaik nasional tahun 2017. ENGLISH: Marketing strategy has important function for sharia bank and effect on customer satisfaction and service level. Result apply intermediation function, productive financing in February 2017 is still dominated by non-UMKM sector, even thought sector that continuesly growing up each year. UMKM Malang city in 2017 be a branding UMKM East Java, but it has obstacles capital side. In other side, Bank Syariah Mandiri is a Sharia Public Bank which distributes the best national micro financing. Micro financing of Bank Syariah Mandiri Malang branch is interesting to be learned how the design of marketing strategy and obstacles in the process. This type of research is qualitative with descriptive approach. The purpose of the research is to describe the design of microfinance marketing strategy working capital and obstacles. As a result, Bank Syariah Mandiri Malang Branch implemented canvassing marketing strategy, referral, and Top Up initiative of Bank (TUIB) by the pillar support of micro business strategy. The segments are services, trade, housing, and people with fixed income with the majority of financing in the trade sector in working capital.Maintenance and restructuring is an act when the financing condition is bad, while the development is the act when the financing condition is good. The experienced obstacles are competition, platform level, internal human resources competence, customer condition, and natural condition. The solution is potential and bankable marketing expansion, canvassing, access to financing, andservices to customers. The marketing strategy incised outstanding micro finance result rose 3% and became the best national micro financing in 2017.} }