@thesis{thesis, author={Fuadah Istianatul}, title ={Mekanisme penentuan nisbah bagi hasil produk deposito mudharabah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Harmoni di Malang}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/11991/}, abstract={INDONESIA: BPRS Mitra Harmoni Kota Malang menawarkan produk berupa tabungan berjangka atau sering di sebut dengan deposito. Deposito di PT. BPRS Mitra Harmoni merupakan tabungan dengan akad Mudharabah. Namun sejauh ini diantara produk yang ditawarkan oleh PT. BPRS Mitra Harmoni salah satunya seperti tabungan, pembiayaan dan deposito, hanya tabungan dan pembiayaan saja yang paling banyak diminati sedangkan bagian deposito kurang banyak diminati. Jika dilihat dari pertumbuhan angka, deposito dari tahun ke tahun semakin meningkat namun jika angka pertumbuhan tersebut dibandingkan dengan angka pada pembiayaan dan tabungan jaraknya cukup jauh, dan deposito masih sedikit. Dalam penelitian ini, terdapat dua rumusan masalah yaitu: 1)Bagaimana penerapan produk deposito Mudharabah pada PT. BPRS Mitra Harmoni Di Malang?. 2) Bagaimana mekanisme penentuan nisbah bagi hasil produk deposito Mudharabahpada PT. BPRS Mitra Harmoni Di Malang?.Penelitian jeniskualitatif.Data berasal dari data sekunder dan data primer.Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan triangulasi.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data. Hasil penelitian, Deposito dengan nasabah membuka rekening dan menjadi nasabah deposito dengan jangka waktu dan nisbah yang telah disepakati.Akad Mudharabah Muthlaqah, dengan melibatkan nasabah lain yakni pembiayaan sehingga resiko dapat diminimalisir namun tidak ada hubungan dengan nasabah deposito. Jangka waktu 1, 3, 6 dan 12 bulan. Ketentuan besarnya nisbah dipengaruhi oleh,1) Kemampuan Bank dan pendapatan. 2) Rate LPS. 3) Rate Kompetitor. 5) Kebijakan Bank. Metode perhitungan dengan revenue sharing sehingga disepakati besarnya nisbah 28% pada bulan pertama. ENGLISH: PT. BPRS Mitra Harmoni is a saving by obeying the rules with muhadharah agreement, the customer saver called as shahibulmaal or the owner of the modal, while the bank as mudharib or fund manager. As far as this, among all the such products offered by PT. BPRS MitraHarmoni as saving, purchasing, and deposit, only saving and purchasing got the highest interest,whiledeposit is less interest. Viewing for the growth of the numbers, year to year, deposit grows increasingly. Meanwhile, if the growth of numbers compared to numbers of purchasing and saving, deposit is still far from the target. In this study, research questions proposed as follows, 1) How is the implementation of Muhadharahdeposit productin PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Harmoni in Malang?.2) How is the ratio of profit sharing muhadharah deposit product in PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Harmoni in Malang?, This present research belongs to qualitative. Data come from primary and secondary data. Methods of data collection using interviews, documentation and triangulation. The method of analysis used in this research is data reduction. The results of the research, Deposits with customers open an account and become a deposit customer with a term and a ratio that has been agreed. Akad Mudharabah Muthlaqah, by involving other customers ie financing so that risks can be minimized but there is no relationship with deposit customers. Duration 1, 3, 6 and 12 months. The terms of the ratio are influenced by, 1) Bank capability and income. 2) Rate LPS. 3) Rate Competitors. 5) Bank Policy. The method of calculation with revenue sharing so that the agreed ratio of 28% in the first month.} }