@thesis{thesis, author={Hotimah Duratul}, title ={Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis Macromedia Captivate di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/12005/}, abstract={?????? ????? ??? ????? ????????? ?? ???? ???? ?? ????? ??????. ????? ?? ????? ?? ?????? ?????? ????? ???? ?????? ??????. ????? ???? ???? ??????? ?? ?????????. ?????? ???? ???? ??? ?? ?????? ?????? ?? ???????? ? ???? ?????? ??? ????? ???. ???????? ???? ?? ????? ????????? ?????? ??????? ???? ?????? ??? ?? ???? ???? ???? ?????? ???????. ????? ??? ?? ???? ??? ??????? ? ???? ?? ???? ?????? ???? ??????? ??????? ????? ??????. ???? ????? ???????? ?????? ??? ????? ???? ?? ?????? ???? ??? ??????? ???? ?? ???????? ?? ??? ??????? ???? ????? ?????? ???????? ???????. ???????? ??? ????? ????? ?????? ?? ????? ????????? ??? ????? ??????: (1) ????? ???? ????????. (2) ???????. (3) ????? ????? ??????. (4) ?????? ?? ??? ???????. (5) ?????? ??????. (6) ????? ??????? ????? ? (7) ????? ????????. ??? ??????? ????? ??: ????? ????? ?? ??????? ?? ??????? ???? ???? 86? ?? ?????? ????? ??? ???? ??? ????????. ???? ????? ??????? ???? ???? ????? ????? ??????? ??? 72? ?????? ?????? ????? ???? ??? ????????. ???? ????? ????? ?? ????? ?????? ??? ????? 80? ?? ?????? ????? ???? ??? ????????. ????? ??????? ?? ??????? / ?????? ???????? ???? ??? ???? 90 ? ?? ?????? ????? ??? ???? ??? ????????. ????? ???????? ?? ??????? (mean) ???????? ?????? ?? 29?613 ??????? ?????? (mean) ?? 83?484 ?? ??????? ??????? ?????????. ?? ??? ?? ????????? ?? ?????? ???? ??? ???? 87 ?????? ?????? ????? ???? ??? ????????. ?????? ??? ????? ????????? ?? ???? ?? ???? ??? ?????? ????? ????? ?? ????? ?????? ?????? ?????????? ????? ?? ???? ?????? ???????? ?????? ?????? ????? ???????? ?????? ?????????? ??????? ??? Macromedia Captivate ?? ???? ?????? ??????? ? ?? ??????? ???????? ??? ?????? ????? ????????. ABSTRAK Peran media pembelajaran sangat mempengaruhi dalam proses pembelajaran. Karena media merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hasil dari nilai belajar siswa. Media pembelajaran bervariasi dari segi fungsi maupun dari segi penggunaannya. Perkembangannya pun saat ini sangat pesat dengan beragam pilihan, baik dari yang sederhana hingga yang paling rumit. Pemilihan media pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi pembelajaran, oleh sebab itu pengajar dituntut untuk lebih cermat, kreatif, dan inovatif. Diharapkan dengan pengembangan media ini siswa dapat lebih termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada rancangan Borg & Gall, namun dalam pelaksanaannya ada beberapa langkah yang tidak digunakan oleh peneliti karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya dari peneliti. Sehingga langkah penelitian dan pengembangan media pembelajaran sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan data. (2) Perencanaan. (3) Pengembangan draf produk. (4) Validasi ahli. (5) Revisi produk. (6) Uji coba lapangan kecil, (7) Diseminasi dan Implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 86% dengan kualifikasi sangat valid dan tidak revisi. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan skor rata-rata sebesar 72% dengan kualifikasi valid dan tidak revisi. Hasil penilaian dari ahli bahasa mendapatkan skor rata-rata sebesar 80% dengan kualifikasi valid dan tidak revisi. Hasil penilaian dari praktisi/guru lapangan mendapatkan skor 90% dengan kualifikasi sangat valid dan tidak revisi. Dan terdapat perbedaan rata-rata (mean) pretest sebesar 29.613 dan posttest dengan rata-rata (mean) sebesar 83.484 dalam menggunakan media pembelajaran. Sedangkan respon dari siswa mendapatkan skor rata-rata 87% dengan kualifikasi sangat valid dan tidak revisi. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan ini baik atau layak digunakan sebagai salah satu sarana dalam kegiatan pembelajaran IPS dan dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar bagi siswa yang menggunakan pembelajaran IPS berbasis Macromedia Captivate di kelas VII di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. ABSTRACT The role of learning media is very influential in the learning process due the media is one means to improve the results of student learning value. Learning media vary in terms of function and its use. The development is very rapidly now with a variety of options, from the simple to the most complicated. Selecting the learning media can be tailored to the needs and learning situations, therefore teacher is required to be more careful, creative, and innovative. It is expected that with the development of this media, students can be more motivated to follow the learning process. The research and development referred to the design of Borg & Gall, but in the implementation, there are some steps that are not used by researcher because of time, energy, and cost of the researcher. So the steps of research and development of learning media are: (1) Research and data collection. (2) Planning. (3) Development of product draft. (4) Expert Validation. (5) Product revision. (6) Small field trials, (7) Dissemination and Implementation. The research results showed that: The resu} }