@thesis{thesis, author={Malik A. Musthofa}, title ={Pengembangan media AMD tematik 1.1 untuk meningkatkan pemahaman konsep kayanya negeriku kelas IV MI Khodijah Malang}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/9881/}, abstract={INDONESIA: Tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013 mengajak siswa untuk dapat mengaplikasikan segala yang telah ia pelajari di sekolah kepada lingkungan di sekitar siswa. Materi pembelajaran yang dipelajari di sekolah yang pada awalnya masih bersifat teoritis dalam kurikulum 2013 disesuaikan dengan kondisi riil siswa sehingga siswa dapat menerapkan secara langsung pada kondisi yang dialami oleh siswa. Salah satu tema yang ada pada kurikulum 2013 adalah tema kayanya negeriku, tema ini merupakan tema yang diajarkan di kelas 4. Nilai hasil tes terhadap pemahaman konsep siswa pada penelitian pendahuluan menunjukan bahwa siswa yang tuntas dalam tes pemahaman konsep berjumlah 32 % dari total keseluruhan siswa di kelas 4A MI Khodijah Kota Malang atau sebanyak 12 siswa. Sedangkan jumlah siswa yang memiliki pemahaman konsep rendah sebanyak 68% atau sebanyak 25 siswa dari 37 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran AMD Tematik 1.1 pada pembelajaran tema kayanya negeriku, (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran AMD Tematik 1.1 pada pembelajaran tema kayanya negeriku, (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran AMD Tematik 1.1 pada pembelajaran tema kayanya negeriku terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa kelas 4 MI Khodijah Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang dikembangkan oleh Brog and Gall yang telah diadaptasi oleh Sukmadinata. Secara garis besar langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang akan dikerjakan adalah 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan model, dan 3) uji produk. Hasil validitas perangkat dan media yang dikembangkan peneliti antara lain, RPP memperoleh skor 89,29 (valid) dan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh skor 92,51 (valid). Kepraktisan media ditinjau dari keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media yang dikembangkan, meliputi uji kelompok kecil diperoleh skor 78,99 (baik), uji kelompok lebih luas diperoleh skor 85,42 (baik sekali), dan uji lapangan diperoleh skor 90,63 (baik sekali). Keefektifan media pembelajaran terhadap peningkatan pemahaman konsep melalui uji N-Gain terhadap perbandingan hasil pre test dan post test pada uji kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 0,54 (sedang), uji kelompok lebih luas memperoleh skor 0,66 (sedang), dan uji lapangan memperoleh skor 0,72 (tinggi). ENGLISH: The learning objectives in the 2013 curriculum invite students to apply everything they have learned in school to the environment around students. Learning materials learned in schools that were initially theoretical in the 2013 curriculum were adapted to the student's real conditions so that students could apply directly to the conditions experienced by the students. One of the themes in the 2013 curriculum is the rich theme of my country, this theme is the theme taught in grade 4. The value of the test result on the students' concept understanding on preliminary research shows that the complete students in the concept comprehension test amounted to 32% of the total students in Grade 4A MI Khodijah Malang or as many as 12 students. While the number of students who have a low understanding of the concept as much as 68% or as many as 25 students from 37 students. The purpose of this research is to: (1) to know the level of validity of AMD Theme 1.1 media learning on the theme of my country's richness, (2) to know the practicality of learning media of AMD Theme 1.1 on learning the rich theme of my country; (3) to know effectiveness of AMD Thematic 1.1 Learning the rich theme of my country towards improving understanding of the concept of 4th grade MI Khodijah Malang. Research method used in this research is research and development method. This research uses research method developed by Brog and Gall which has been adapted by Sukmadinata. Broadly speaking, the steps of research and development to be undertaken are 1) preliminary study, 2) model development, and 3) product test. The results of the validity of the device and the media developed by researchers, among others, RPP scored 89.29 (valid) and developed learning media scored 92.51 (valid). Practicality of the media in terms of the implementation of learning activities using media developed, including small group test obtained a score of 78.99 (good), broader group test obtained a score of 85.42 (excellent), and field test obtained score 90.63 (very good ). The effectiveness of instructional media on improving conceptual understanding through N-Gain on comparison of pre test and post test results in small group test obtained an average score of 0.54 (medium), broader group test obtained a score of 0.66 (medium), and Field test scored 0.72 (high).} }