@thesis{thesis, author={Islamiyah Azizatul}, title ={فعالية استخدام طريقة الترقيم الجماعي في تعليم اللغة العربية بمدرسة هداية المبتدئين الثانوية الإسلامية مالانق}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/9910/}, abstract={?????? ????? ?? ????? ????? ??????? ?????? ????? ???????. ??? ??? ??? ??? ?????? ????????? ????? ??? ????? ?????? ???????. ??? ?????? ?????? ????? ??????? ??????? (Numbered Heads Together) ??????? ?????? ??? ?? ??????? ?? ????? ????? ???????. 6????? ????? ?? ??? ?????? ??: (1) ??? ????? ????? ??????? ???????? ????? ??????? ??????? ?? ????? ????? ????????? ???????? ????????? ?????? (2) ??? ?????? ????? ??????? ??????? ?? ????? ????? ??????? ?????? ????? ????????? ???????? ????????? ??????. ?? ??? ????? ?????? ??????? ?????? ????? ??????? ??????? (??? ???????) ?????? ?????????? ???? ?????? ???????? ? ???????. ???????? ????? ????????? ?? ??? ???????? ?? ????????? ?????????? ????????? (?????? ? ??????)? ??????????. ????? ?? ??? ????? ??: (1) ?? ????? ????? ??????? ??????? Numbered Heads Together ?? ????? ????? ???????? ???? ???????? ??????? ????? ????????? ??????? ????????? ???????? ???? ??????.(2) ??? ????? ????? ??????? ??????? ????? ??????? ??????? Numbered Heads Together?????? ?????? ???????? t ??????? 6,1 ???? ?? ????? ??????? 1% = 2,49 ????? ???? ?? ????? ??????? 5% = 1,71? ???? ????? ?? H0 ?????? ? H1 ??????. ABSTRACT In learning Arabic, students still find it difficult especially. In the learning Arabic language, students shuld have a repertory of vocabulary and understand the science of grammar and morphology. This research, apply the Numbered Heads Together method to help overcome the difficulties students. The purpose of this research, is: (1) Describe the learning Arabic language using Numbered Heads Together in MA Hidayatul Mubtadiin Malang. (2)Describe the effectiveness of the use of the method Numbered Heads Together in the learning Arabic language in MA Hidayatul Mubtadiin Malang. At this research uses the portal test, methodology ang quantitative researcher (semi-experience), take two groups; group eksperiment and gruop officer. Research tools used in data collection is interview, observation and testing (tribal and post) and documantary. The results of this research are : (1) The application of this method begins with a review of the material, the division of the group, numbering, assignments, discussion, presentation and evaluation. (2) And in the learning Arabic language using Numbered Heads Together effective method, test result statistical t 6,1 is greater than the result of level 1%= 2,49 and also greater than the result of level 5%= 1,71 , meaning that H0 retorted, and H1 is acceptable ABSTRAK Dalam pembelajaran bahasa Arab, siswa masih menemukan kesulitan. Dalam pembelajaran bahasa Arab siswa harus mempunyai perbendaharaan kosakata dan memahami ilmu nahwu dan sharaf. Penelitian ini, menggunakan metode Numbered Heads Together untuk membantu mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Numbered Heads Together di MA Hidayatul Mubtadiin Malang. (2) Mendeskripsikan efektifitas penggunaan metode Numbered Heads Together dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Hidayatul Mubtadiin Malang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (quasi eksperimen) yang terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan tes berupa pre-tes dan post-tes, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Numbered Heads Together ini diawali dengan review materi, pembagian kelompok, penomoran, penugasan, diskusi, presentasi, dan evaluasi. (2) Dan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Numbered Heads Together menunjukkan hasil yang efektif dengan hasil hitungan uji t-tes, yang menunjukkan bahwa hasil t hitung adalah 6,1 lebih besar dari pada t-tabel (tabel signifikan) 1% = 2,49 dan 5% = 1,71, dengan demikian hasil H1 ditolak dan H0 dapat diterima} }