@thesis{thesis, author={Sa’adah Inna Rofi’atus}, title ={فعالية استخدام اللعبة اللغوية تيك تاك تو لترقية دافعية الطلاب في تعليم اللغة العربية بمدرسة سونان كالي جاغا المتوسطة الإسلامية مالانج}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/9920/}, abstract={?????? ????? ?? ?????? ???? ?? ????? ?????? ?? ???????? ??????? ????????? ?? ?????? ?? ??????? ????? ??? ?????? ??? ??? ???? ?? ?????? ????? ??????? ???????? ?????? ?? ??????. ????? ??????? ???? ???? ?? ???????? ?????? ?????? ?????? ?????? ?? ??????? ???? ?????? ???????. ??????? ??????? ??? ??? ?? ?? ?????? ??????? ???? ??? ??????. ??? ??????? ?? ??? ????? ?????? ?????? ??????? ?????? ?????? ??? ??? ?? (tic tac toe) ?????? ?????? ?????? ?? ????? ????? ??????? ???????? ???????? ????? ??? ???? ????????? ???????. ??????? ???????? ?? ??? ????? ?????? ?????? ????? ?????? ???????? ???????? ????? ???????? (Design Quasi Eksperimental) ??? ????????? ???? ???????? ???????? ????????? ???????. ?????? ??? ???????? ???? ????? ?? : ????????? ?????????. ???? ????? ?? ??? ????? ?? 1) ??????? ??? ???????? ???????? ????: ???? ??????? ?????? ??????? ??? ??? ?? ?? ????? ?????? ???? "??? ???" ???? ??? 20% ????? "???" ???? ??? 46?7% ?? 40%. ?????? ?????? ?? ?????? ????? ???? "??? " 26?7%. ??? ?????? ?????? ???? "??? " ???? ??? 33?33%. ???? ???????? ????????? ????: ????? ??????? ????? ?? ????? ????? ??????? 2?15% ?? ?? ???? ?? ?????? 66?34% ???? ??? 68?49% ???? ??????? ?????? ??????? ??? ??? ??. ??? ????? ?? ??? ???????. ???????? ?????? ?? ?????? ??????? ?????? ??????? ??? ??? ?? ????? ?????? ?????? ?? ????? ????? ???????. ABSTRACT One of important unsure in learning process is student?s motivation in learning. While, learning motivation is the overall propulsion power in students who do not include intellectual and have a very large role in inspiration of them self, a sense of fun and interest in learning. One of the aspects that can be used to improve teacher motivation is media, one of which is the game. Tic tac toe game is a board game. The purpose of this research are: 1) To know the application of tic tac toe game to increase learning motivation to student in Arabic at MTs Sunan Kalijaga Malang. 2) To know the effectiveness tic tac game to increase learning motivation to student in Arabic at MTs Sunan Kalijaga Malang. Research methodology that used in this research is quantitative approach with experiment method and Experiment Design Quasi type which there are two group for field test that?s experiment and control group. The Result of this research are: 1) Based on the result of data analysis observation has known that after using tic tac toe game the excellent value decrease up to 20% and good value increase up to 46,7% from 40%. While in control group a good value only 26,7% in first meeting and increase 33,33% in second meeting. Based on data analysis of questioner the learning motivation in Arabic lesson increase up to 2,15% after doing tic tac toe game started from 66,34% up to 68,49% . Can be conclude that tic tac toe game has effective to increase the learning motivation of student in Arabic lesson ABSTRAK Salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran adalah motivasi belajar siswa. Sedangkan yang dimaksud motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang tidak termasuk intelektual dan memiliki peran yang sangat luas dalam inspirasi diri, perasaan senang dan minat dalam belajar. Salah satu aspek yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan motivasi adalah media pembelajaran, salah satu diantaranya adalah permainan. Permainan tic tac toe adalah permainan sederhana berjenis permainan papan. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui keefektifitasan permainan tic tac untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di MTs Sunan Kalijaga Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis Design Quasi Eksperimenta pada dua kelompok yaitu kelompok uji coba dan kelompok control. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan hasil analisis data observasi diketahui bahwa pada kelas uji coba setelah penggunaan perrmainan tic tac toe nilai baik sekali meningkat menjadi 20% yang sebelumnya tidak ada dan nilai baik meningkat menjadi 46,7% dari sebelumnya hanya 40%. Sedangkan pada kelas control pada pertemuan pertama nilai baik hanya 26,7% di pertemuan kedua naik menjadi 33,33%. Berdasarkan analisis data angket adalah peningkatan motivasi belajar bahasa Arab naik 2,15% yaitu dari 66,34% meningkat menjadi 68,49% setelah menggunakan permainan tic tac toe. Dapat disimpulkan bahawa permainan tic tac toe berpotensi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa.} }