@thesis{thesis, author={Juhriyati Juhriyati}, title ={Pembelajaran PAI pada materi iman kepada malaikat kelas IV di SDI Mohammad Hatta dan SDI Surya Buana Malang}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/9930/}, abstract={INDONESIA: Iman kepada Malaikat itu mengandung makna bahwa kita harus percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Malaikat diciptakan dari cahaya (nur) yang diberi tugas oleh Allah dan melaksanakan tugas-tugas tersebut sebagaimana perintah-Nya. Untuk menguatkan keyakinan peserta didik akan adanya Malaikat, diperlukan strategi yang tepat supaya materi yang disampaikan dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi pembelajaran PAI pada materi Iman kepada Malaikat kelas IV dan Implikasi dari strategi pembelajaran tersebut terhadap peserta didik di SDI Mohammad Hatta dan SDI Surya Buana Malang. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan memahami realitas sosial, yaitu melihat dunia dari apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi atau metode yang diterapkan dalam mengajarkan materi tentang iman kepada malaikat, guru Pendidikan Agama Islam di SDI Mohammad Hatta dan SDI Surya Buana, menerapkan strategi belajar aktif (active learning strategy) yang terdiri dari strategi atau metode SAL (student active learning), metode card sort dan metode bernyanyi. Adapun implikasi dari strategi belajar aktif (active learning strategy) yang diterapkan dalam mengajarkan materi tentang iman kepada malaikat adalah dapat meningkatkan keaktifan peserta didik, sehingga peserta didik menjadi lebih mudah memahami materi yang diajarkan kepadanya dan hasil pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Sedangkan implikasi dari strategi belajar aktif (active learning strategy) yang diterapkan pada materi iman kepada malaikat dari segi perilaku (akhlak) siswa, keimanan terhadap malaikat dapat melahirkan sikap dan perilaku sebagai berikut: (1) iman bertambah kuat, (2) selalu berhati-hati dalam setiap perbuatan, perkataan, maupun niat, (3) menambah ketaatan beribadah, (4) motivasi kedisiplinan dan ketaatan, (5) kontrol diri dari perilaku negatif, (6) nilai responsibilitas. ENGLISH: Faith to the Angel implies that we must believe and believe wholeheartedly that angels are created from the light (nur) assigned by God and perform these tasks as His commandments. To strengthen the belief of learners about the existence of angels, appropriate strategies are needed so that the material can be understood and implemented properly. This study aims to determine the form of Islamic Education learning strategy in the material of Faith to the Angels of class IV and Implications of the learning strategy to learners in SDI Mohammad Hatta and SDI Surya Buana Malang. This research includes the type of Qualitative Research. Qualitative research is a study aimed at understanding social reality, that is, seeing the world from what it is. Data collection is done by in-depth interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that the strategies or methods applied in teaching materials about faith to angels, teachers of Islamic Education in SDI Mohammad Hatta and SDI Surya Buana, implement active learning strategy which consists of strategy SAL (student active learning), card sort method and method of singing. The implications of active learning strategy applied in teaching the material about faith to angels is to increase the learner's activity, so that learners can more easily understand the material taught to him and the learning outcomes can be achieved optimally. While the implications of active learning strategy applied to the material of faith to angels in terms of student behavior, belief in angels can give rise to the following attitudes and behaviors: (1) faith is strengthened, (2) (4) motivation of discipline and obedience, (5) self-control of negative behavior, (6) the value of responsibilty.} }