@thesis{thesis, author={Rahmati Amiliah Nuri}, title ={تقويم الكتاب الدراسي للغة العربية على ضوء المنهج ٢٠١٣ للمدرسة المتوسطة}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/9934/}, abstract={?????? ????? ?????? ????????? ?? ??? ???? ?? ????? ??????? ??? ????? ???? ??? ????? ??????? ??? ????? ????? ???? ???? ????????? ???? ?? ????? ?????? ?????? ??????? ????????? ????????. ?????? ????????? ??????? ?? ?????? ???? ?????? ?????? ?? ????? ?????? ?????????. ?????? ??????? ????????? ?? ??? ????? ???? ?????? ????? ?????? (CITRA MENTARI). ???? ??? ????? (1) ???? ??? ????? ???? ????? ?????? ????? ??????? "Insan Cendekia" ?? ??? ?????? 2013 ???? ?????? ?? ??????? ???????? (2) ????? ????? ??????? ???????? ?? ???? ????? ?????? ????? ??????? "Insan Cendekia" ???? ?????? ?? ??????? ????????. ?????? ?????? ?????? ??????? ?????? ???????? ? ????? ????? ????? ???????? ?? ??? ????? ??? ????? ??????? (Content analysis). ???? ??????? ??? (1) 16 ????? ?????? ??????? ?????? ?? ??? ?????? 2013 ? 6 ??????? ?????? ??????? ??? ?????? ?? ??? ?????? 2013. ???? ????? ?? ??????? ??? ??? ?????? 2013 ?? ?????? ??????? ?Insan Cendekia? ?? 72?46% ?? 22 ??????? ??????? ??? ??? ?????? 2013 .(2) ??????? ??????? ???????? ?? ?????? ??????? ?????? ????? ??????? "Insan Cendekia" ?? ??? ?????? 2013 ???? ?????? ?? ??????? ???????? ????: ?????? ???????? ???????? ? ????? ? ????? ??????? ?????? ????????? ???? ????? ?? ????? ??????? ?? ?????? ??????? ?Insan Cendekia? ?? 44?44% ?? 18 ????? ???????. ABSTRACT Teaching material is something very urgent in the learning process because instructional materials are factors that affect the success of learning. On the other hand, teaching materials or intermediary role as a tool for the realization of standards of competence and basic competences. And good teaching materials are instructional materials that meet the principles of the right of making teaching materials. The purpose of this study were (1) to describe the content of the learning modules in Arabic "Insan Scholar" by the curriculum in 2013 for class VIII MTs (2) In order to decrypt the character education presented in Module Learning Arabic "Insan Scholar" for class VIII Madrasah Tsanawiyah. This research uses descriptive evaluative approach with a qualitative approach, and as for the data analysis technique using content analysis. The results of this study (1) found that the analysis module 16 in accordance with the contents of the book in 2013 and 7 curriculum content that does not comply with the curriculum of 2013. Percentage of the relevant content based on the curriculum learning modules in 2013 "Insan Cendekia" is 72.46% of the corresponding contents 22 based on the curriculum of 2013. (2) Education karakater presented in Arabic learning module "Insan Scholar" No 8 character education are: compassion or love, care, ketja equal, courageous, fair, mutual help, happy and well tolerated. Percentage of character education from the learning modules "Insan Cendekia" is 44.44% of the 18 character education ABSTRAK Bahan ajar adalah sesuatu yang sangat urgen dalam proses pembelajaran karena bahan ajar merupakan factor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Disisi lain, bahan ajar berperan sebagai alat atau perantara untuk merealisasikan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Dan bahan ajar yang bagus adalah bahan ajar yang memenuhi asas- asas pembuatan bahan ajar yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan isi modul pembelajaran bahasa Arab "Insan Cendekia" berdasarkan kurikulum 2013 untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (2) Untuk mendekripsikan pendidikan karakter yang disajikan di dalam Modul Pembelajaran bahasa Arab "Insan Cendekia" untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif dengan pendekatan kualitatif, dan adapun teknik analisis data menggunakan konten analisis. Hasil dari penelitian ini adalah (1) bahwa analisis modul ditemukan 16 isi buku yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan 7 isi buku yang tidak sesuai dengan kurikulum 2013. Prosentase dari isi yang relevan berdasarkan kurikulum 2013 di dalam modul pembelajaran ?Insan Cendekia? adalah 72,46% dari 22 isi yang sesuai berdasarkan kurikulum 2013. (2) Pendidikan karakater yang disajikan dalam modul pembelajaran bahasa Arab "Insan Cendekia" ada 8 pendidikan karakter diantaranya adalah: kasih sayang atau cinta, kepedulian, ketja sama, berani, adil, tolong menolong, bahagia dan juga toleransi. Prosentase dari pendidikan karakter dari modul pembelajaran ?Insan Cendekia? adalah 44,44% dari 18 pendidikan karakter} }