@thesis{thesis, author={Qudsiyah Qudsiyah}, title ={Kepemimpinan kepala madrasah dalam penerapan budaya religius di MTs 1 An-Nuqayah Putri Guluk-Guluk Sumenep Madura}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/9954/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah-masalah mendasar yang muncul dalam penyelenggaraan pendidikan agama sebagai penanaman nilai religius di madrasah seperti halnya di MTs 1 Putri An Nuqayah sebagai lembaga pendidikan yang selalu berusaha menanamkan nilai-nilai agama dalam sikap, prilaku dan pembiasaan. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian di madrasah tersebut dikarenakan dalam perwujudan budaya religius di madrasah tidaklah mudah dan dibutuhkan usaha yang sangat keras dari kepala madrasah sebagai pemimpin, guru, dan semua warga madrasah. Fokus penelitian ini tentang bagaimana (1) kebijakan, (2) bimbingan, (3) Keteladanan Kepala Madrasah sebagai pemimpin Dalam Penerapan Budaya Religius di MTs 1 An Nuqayah Putri Guluk-Guluk Sumenep, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kebijakan, (2) Bimbingan, (3) Keteladanan Kepala Madrasah sebagai pemimpin Dalam Penerapan Budaya Religius di MTs 1 An Nuqayah Putri Guluk-Guluk Sumenep, Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggnakan uji kredibilitas dan triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) kebijakan yang dilakukan kepala madrasah dalam penerapan budaya religius yakni dengan adanya tata tertib, adanya kegiatan-kegiatan yang bersifat religius, musyawarah dalam pengambilan keputusan, dan juga adanya pembiasaan berbudaya religius di lingkungan madrasah. (2) Bimbingan yang dilakukan kepala madrasah dalam penerapan budaya religius di MTs 1 Putri An Nuqayah Guluk-Guluk berbentuk ajakan, arahan dan nasehat. Pertama, Memberikan arahan dan mengajak kepada guru agar selalu menjadi pendidik dan teladan yang baik. Kedua, memberikan arahan serta bimbingan kepada para staf madrasah yang kurang faham dalam melaksanakan tugasnya. Ketiga, menasehati, mengajak, serta memberikan arahan kepada seluruh warga madrasah untuk selalu berprilaku sesuai dengan kaidah Islam dan menasehati saat warga madrasah melakukan prilaku menyimpang. (3) Ketedanan yang dilakukan kepala madrasah dalam penerapan budaya religius di MTs 1 Putri An Nuqayah Guluk-Guluk. Bentuk keteladanan kepala madrasah terlihat selalu datang paling awal dan pulang paling akhir, disiplin, dan sangat menjaga kebersihan lingkungan, sikapnya yang lemah lembut, dan tidak pemarah selalu mengayomi bawahan serta bertanggungjawab. ABSTRACT This research based on basic problems which appearing from implementation ofislmic junior high school an-uqayah fr girls as education institute always try to apply religious value in attitude, behavior, and common. So that, reaseacher interested to reaseach n the Islamic junior high schoolbecause for creating religious culture in Islamic school needs a big effort from the head master as a leader, teacher, and all Islamic school members. Research focus of this thesis is how (1) policy, (2) guidance, (3) providing a model of head master as a leader for girls Guluk-Guluk Sumenep east java. The purpose of this research is to descripe (1) policy, (2) guidance, (3) providing a model of head master as a leader for girls guluk-guluk Sumenep east java. This research used qualitative approach and descriptive analyze. The data collection used interview, observation, ad the documentation. The data analyzing used collecting data, reduction data, display data, and verification. The validity data checking used credibility test and triangulation. In this research, researcher found some findings, thore one (1) the policy applied by head master for religious culture implementation is regulation, religious activities, discussion of removal judgment, and all so common of culture religious in Islamic school circle. (2) guidance applied by head master for religious culture implementation in Islamic junior high school An-Nuqayah for girls is invitation, directive, and advice. Firsly, giving directive and inviting teachers to be a best model. Secondly, giving directive and guidance all Islamic school staffs of Islamic school members for always have a Islamic principle attitude, ad giving advice when they disobey. (3) providing a model applied by head master for religious culture implementation in Islamic junior high school An-Nuqayah Guluk-Guluk. Is coming first and going out last, discipline, distict, responsible, car about circles, soft attitude, never angry, and guarding staffs.} }