@thesis{thesis, author={Nurmasyithah Nurmasyithah}, title ={Manajemen berbasis entrepreneurship untuk mengelola pembiayaan pendidikan: Studi kasus pada Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/9957/}, abstract={INDONESIA: Keberadaan entrepreneurship di pondok pesantren menjadi dinamika tersendiri bagi studi pesantren dewasa ini. Banyak terdapat pondok pesantren, yang pada saat ini mampu bertahan mengembangkan pondoknya yang bertumpu pada sumber daya yang mereka miliki tanpa menerima bantuan dari pemerintah. Manajemen berbasis entrepreneurship merupakan upaya pengelolaan usaha dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi dengan mengunakan prinsip nilai pesantren yang bertujuan profit oriented dan sosial oriented, sehingga sisa akhir usaha (SHU) dari entrepreneurship tersebut dapat menjadi sumber pembiayaan pendidikan. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan menemukan konsep yang terdiri atas: 1) Perencanaan entrepreneurship Pondok Pesantren Sidogiri dalam mengembangkan pembiayaan pendidikan, 2) Pelaksanaan entrepreneurship Pondok Pesantren Sidogiri dalam mengelola pembiayaan pendidikan, 3) Evaluasi entrepreneurship Pondok Pesantren Sidogiri dalam mengelola pembiayaan pendidikan, 4) Kontribusi dan dampak entreprenurship Pondok Pesantren Sidogiri dalam mengelola pembiayaan pendidikan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data meliputi analisis data kasus tunggal/individu (individual case analysis). Adapun teknik analisis data : Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan yang bersifat bottom up dengan memfungsikan sumber daya yang dimiliki, sistem perencanaan yang dilakukan untuk pemasaran produk adalah menggunakan pendekatan emosional dan pendekatan profesional, untuk rencana keuangan dengan membuat proyeksi keuangan di awal tahun dan menetapkan modal investasi tiap anggota, untuk rencana produksi melihat persedian barang berdasarkan data jualan yang laku dan untuk rencana sumber daya manusia dengan sistem kaderisasi alumni pondok pesantren Sidogiri menjadi prioritas utama dan kemudian alumni pondok pesantren manapun. 2) Pelaksanaannya ada lima fokus orientasi: a) Pelaksanaan program tahunan yang telah ditetapkan dan sedang diimplementasikan, b) Pemotivasian karyawan dan kinerja organisasi oleh pimpinan, c) Pengembangan kultur organisasi, d). Penetapan struktur organisasi dan e). Menetapkan anggaran, 3). kegiatan entrepreneurship di pondok Sidogiri melakukan evaluasi bersifat kontinue setiap mingguan (jika diperlukan), bulanan, atau tahunan dilakukan dengan mewujudkan pengawasan yang ketat oleh pengawasan manajemen dan oleh direktur atau yang terkait lainnya. 4) Kontribusi dan dampak entrepreneurship terhadap pengelolaan pembiayaan pendidikan diantaranya terpenuhi anggaran dana untuk seluruh program pendidikan, tersedia sarana dan fasilitas yang modern, adanya pengembangan SDM secara rutin, pemberian beasiswa kepada santri, terpenuhinya peralatan ATK, dan tersedianya pendidikan murah secara merata. ENGLISH: The existence of entrepreneurship in pondok pesantren into its own dynamics to study today's pesantren. There are many pondok pesantren, which able to maintain theirs development based on the resources without receiving aid from the government. The basis management of entrepreneurship is the effort to manage with the planning, implementation, and evaluation using the principle of value for schools aimed at profit-oriented and socially oriented, so the rest of the business (SHU) of entrepreneurship can be a source of education funding. This study aimed to analyze and find the concept of entrepreneurship based management to manage the financing of education, consisting of: 1) Entrepreneurship management planning of pesantren Sidogiri manage the financing of education, 2) implementation of entrepreneurship management of pesantren Sidogiri in managing education funding 3) Entrepreneurship management evaluation of Pesantren Sidogiri manage the financing of education, 4) Contribution and impact entrepreneurship pesantren Sidogiri manage the financing of education. This study uses a qualitative approach with case studies. Data collection techniques using in-depth interviews, participant observation and documentation. Data analysis included analysis of case data, single / individual (individual case analysis). The analysis data used techniques of data analysis: data reduction, data presentation and conclusion. Checking the validity of the data is done through the credibility and dependability. Result this study show that: 1) Planning bottom-up with the proper functioning of its resources, system planning done for the marketing of the product is to use an emotional approach and professional approach to the financial plan to make financial projections at the beginning of the year and set the investment capital of each member, to plan production saw inventories of goods based on the data s} }