@thesis{thesis, author={Bahrodin Ariga}, title ={Pengembangan buku ajar tematik berbasis model pembelajaran triprakoro kelas IV semester II MIN Bandar Kidul Kediri}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/9961/}, abstract={INDONESIA: Pembentukan karakter dalam kurikulum 2013, salah satunya melalui buku ajar pendamping siswa. Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum 2013 seharusnya dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai. Wawancara dengan guru kelas IV MIN Bandar Kidul Kediri serta observasi di lapangan menunjukkan bahwa buku ajar siswa yang digunakan dari Kemendikbud pada tema ?Tempat Tinggalku? belum sesuai esensi kurikulum 2013 pembelajaran tematik yang menjunjung aspek kontekstual. Selain itu pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 juga perlu diterapkan melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan ketika proses pembelajaran di sekolah. Model pembelajaran triprakoro merupakan model pembelajaran yang menginternalisasikan nilai-nilai karakter, model pembelajaran ini terdiri dari 3 perkara (3 hal) yaitu ngerti, ngroso dan nglakoni. Dengan menggunakan model pembelajaran ini, diharapkan siswa mengalami pembelajaran tematik yang lebih kontekstual. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengembangkan produk buku ajar tematik berbasis model pembelajaran triprakoro. Kelayakan buku ajar yang dikembangkan dinilai berdasarkan tingkat kevalidan, kemenarikan, keefektifan, dan keterterapan. Pengembangan buku ajar tematik ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. langkah-langkah model pengembangan ini dilakukan sampai pada langkah ke-9, yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) menganalisis pebelajar dan konteks/keadaan, (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilh bahan ajar, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif pembelajaran, (9) merevisi bahan ajar. Langkah ke-10 ditiadakan karena berada di luar sistem pembelajaran dan tujuan penelitian pengembangan ini. Validasi produk diberikan kepada ahli isi/materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Uji coba produk dilakukan dengan uji coba lapangan kepada guru dan siswa dilanjutkan revisi sehingga didapatkan produk akhir buku ajar tematik untuk kelas IV semester II Madrasah Ibtida?iyah. Hasil penelitian dan pengembangan buku ajar tematik ini berupa (1) buku ajar tematik berbasis model pembelajaran triprakoro. Materi yang disajikan adalah materi pembelajaran yang menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran. (2) tingkat validitas para ahli menunjukkan prosentase 88,4% dengan kriteria sangat valid dan layak digunakan, (3) tingkat kemenarikan menunjukkan prosentase 85% dengan kriteria sangat menarik dan layak digunakan, (4) tingkat keefektifan menunjukkan prosentase 82% dengan kriteria sangat efektif, (5) tingkat keterterapan menunjukkan prosentase 84% dengan kriteria sangat baik dan memenuhi unsur keterterapan untuk dijadikan bahan pembelajaran. ENGLISH: One media for building character of Curriculum 2013 is student textbook. It should be designed using appropriate learning process to achieve certain competency and measured using appropriate evaluation process. The interview with teachers of fourth grade of MIN Bandar Kidul Kediri and field observation show that the student textbook from Kemendikbud with theme ?Tempat Tinggalku?is not suitable with Curriculum 2013 which emphasizes contextual thematic learning. Furthermore, character building should be applied trough habituation during school learning. Triprakoro learning model internalizes character values.It consists of three matters (prakoro) namely ngerti (understand), ngroso (feel) and nglakoni (experience). Using this kind of model, the students are expected to experience more contextual thematic learning. Therefore, the study aims to develop triprakoro learning model-based textbook product. It is developed based on the level of validity, attractiveness, effectiveness and applicability The development of the product employs Dick and Carey model.It only carry out nine out of ten steps, namely (1) to identify learning objective, (2) to carry out learning analysis, (3) to analyze students and the context, (4) to formulate the learning specific objective, (5) to develop assessment instrument, (6) to develop learning strategy, (7) to develop and choose learning material, (8) to design and carry out learning formative evaluation, (9) to revise learning material. The tenth step is excluded since it is beyond the learning system and the development objective. The validity of the product is checked by validity expert, linguist and designer. The try out is carried out on teachers and students, followed by revision in order to get a thematic final product for IV grade semester II Madrasah Ibtida?iyah. The result of the study and the thematic textbook development are (1) Triprakoro learning model-based textbook. It consists of learning materials which internalizes character values in the process of learning activities. (2) the validity level by the exp} }