@thesis{thesis, author={Sholihah Iswi}, title ={Kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan toleransi beragama siswa sekolah dasar : Studi multisitus di SDN 47 Mataram dan SDN 36 Cakranegara}, year={2018}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/9971/}, abstract={INDONESIA: kehidupan beragama dalam pramuka diarahkan dalam rangka terbentuknya pribadi yang beriman dan bertaqwa, meningkatkan peran serta inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina diri sehingga terhindar dari pengaruh budaya yang bertentangan dengan nilai-nilai agama. Dalam konteks ini, manusia harus selalu menjaga hubungan antar sesama dengan sebaik-baiknya, tak terkecuali terhadap orang lain yang tidak seagama atau yang lazim disebut dengan istilah toleransi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Perencanaan kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan toleransi beragama siswa, (2) Pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan toleransi beragama siswa, (3) evaluasi kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan toleransi beragama siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semiterstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari situs pertama selanjutnya ke situs kedua dan analisis lintas situs. Data dianalisis dengan tahapan mulai dari data collection, data redukction, data display dan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian tentang Kegiatan Kepramukaan dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa Sekolah Dasar (Studi Multisitus di SDN 47 Mataram dan SDN 36 Cakranegara) menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan toleransi beragama siswa tertuang dalam bentuk program kegiatan kepramukaan yang disusun oleh pembina pramuka, bentuk kegiatan tersebut adalah (a) kegiatan latihan rutin mingguan, dalam kegiatan ini terdapat rentetan kegiatan yaitu latihan pionering, latihan semaphore, dan latihan tali temali, (b) kegiatan perkemahan, dalam kegiatan perkemahan terdapat rentetan kegiatan yaitu upacara pembukaan dan penutupan perkemahan, pentas seni, dan permainan kelompok. (2) pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan toleransi beragama siswa pada kedua sekolah sudah maksimal dan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan kegiatan pramuka yang direncanakan oleh pembina pramuka. (3) Evaluasi kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan toleransi beragama siswa terdapat tiga bentuk pencapaian sikap toleransi beragama yaitu sikap menghargai, sikap menerima, dan sikap bekerjasama, ketiga sikap tersebut adalah sebuah hasil yang didapatkan dari pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang sudah direncanakan dengan baik. ENGLSIH: Religion in scouts is activated in order to build characters of faith and belief, improving students role and initiative to protect and build themselves from destructive cultures. In this context, people have to build relations with others well, including people who have different religions that is called religious tolerance. This research aims to describe and analyze: (1) Planning of scouts activity in improving students religious tolerance, (2) Implementation of scouts activity in improving students religious tolerance, (3) Evaluation of scouts activity in improving students religious tolerance. This research uses qualitative method of case study with multi sites design. The data collection technique is done with semi structure interview, participant observation, and documentation. Data analysis is done from first site to the second site and cross sites analysis. The data is analyzed using data collection, data reduction, data display and conclusion. The data validation is done with extensive participatory, stable observation and triangulation. The results show that: (1) The planning of scouts activity in improving students religious tolerance is presented in form of scouts activity that is designed by scouts advisors, the activities are (a) weekly training activity, they are pioneering, semaphore, and ropes training, (b) camping activity, they are opening and closing ceremonies, art performance, and group gaming. (2) The implementation of scouts activity in improving students religious tolerance is maximal and done well by both schools according to the planning of scouts activities. (3) Evaluation of scouts activity in improving students religious tolerance are in form of three achievement, they are respect, receptive, and cooperative; the three characters are the results of scouts activity that has been planned well.} }