@thesis{thesis, author={Wahyuni Sri}, title ={Penerapan Metode Peta Pikiran (Mend Map) Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas III SD 2 Teluk Wetan Welahan Jepara Pada Semester Genap Tahun 2011/2012}, year={2012}, url={http://eprints.umk.ac.id/1015/}, abstract={Motivasi Berprestasi merupakan bekal untuk meraih sukses. Sukses berkaitan dengan perilaku produktif dan selalu memperhatikan/menjaga kualitas produknya. Motivasi berprestasi merupakan konsep personal yang inheren yang merupakan faktor pendorong untuk meraih atau mencapai sesuatu yang diinginkannya agar meraih kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan tersebut setiap orang mempunyai hambatan-hambatan yang berbeda, dan dengan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi, diharapkan hambatan-hambatan tersebut akan dapat diatasi dan kesuksesan yang diinginkan dapat diraih. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan: “Apakah Penerapan Peta Pikiran (Mind Map) efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas III SD 2 Teluk Wetan Welahan Jepara semester genap tahun pelajaran 2011/2012?” Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah :1. Untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya motivasi berprestasi siswa kelas III SD 2 Teluk Wetan Welahan Jepara semester genap tahun pelajaran 2011/2012. 2. Untuk menemukan efektivitas Penerapan Peta Pikiran (Mind Map) Untuk Meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas III di SD 2 Teluk Wetan Welahan Jepara semester genap Tahun pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian : 1.Manfaat Teoretis, memberikan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling, lebih khusus wawasan ini menyangkut tentang upaya penanganan anak kurangnya motivasi melalui penerapan Peta Pikiran (Mind Map). 2.Manfaat Praktis: a.Bagi Kepala Sekolah, Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar kebijakan untuk mendukung efektifitas pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. b.Bagi Konselor, Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh konselor sebagai pedoman atau acuan dalam rangka membantu siswa yang kurang memiliki motivasi berprestasi. Metode Penelitian: Metode pokok/utama metode observasi, sedangkan metode pendukung wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: a. Ada empat hal yang mempengaruhi rendahnya motivasi berprestasi siswa yang diteliti, yang pertama adalah kurangnya kesiapan siswa dalam menghadapi pelajaran; tidak adanya cita-cita yang pasti sehingga tidak ada gambaran tentang manfaat dari belajarnya; kurangnya ketertarikan siswa dengan materi dan cara mengajar guru dan; memiliki masalah kesulitan belajar tetapi tidak tahu cara menyelesaikannya. b. Metode mind map berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa kelas III SD 2 Teluk Wetan Tahun Ajaran 2011/2012. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya skor hasil pengamatan sesudah mendapatkan perlakuan berupa pemberian metode mind map Saran: 1. Bagi Kepala Sekolah Kepala diharapkan bersedia memberikan fasilitas yang dibutuhkan serta kesempatan seluas-luasnya bagi guru untuk menerapkan metode mind map, baik di dalam maupun di luar kelas. 2. Bagi guru diharapkan juga menerapkan metode yang sama (mind map) bagi siswa-siswanya. Sehingga, minat serta motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran lebih meningkat dah berdampak pula pada peningkatan prestasi belajar siswa. 3. Peneliti Selanjutnya dapat mengingat masih banyak hal yang bisa dieksplorasi dalam penerapan metode mindmap ini, diharapkan peneliti selanjutnya mau dan mampu mengeksplorasi hal-hal yang bisa lebih bermanfaat tentu dengan target intervensi yang berbeda. } }