@thesis{thesis, author={Agung Yuris}, title ={MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PROTISTA UNTUK KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS }, year={2012}, url={http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/1323/}, abstract={Dalam belajar, siswa membutuhkan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan suasana belajar yang menyenangkan didukung dengan penyajian materi yang menarik diharapkan akan menumbuhkan minat belajar siswa. Suasana yang menyenangkan bisa diciptakan dari lingkungan dan proses pembelajaran, dari segi pembelajaran inilah penulis berusaha untuk mengambil suatu kesempatan untuk menerapkan aplikasi ilmu komputer berbasi multimedia kedalam ilmu pendidikan khususnya ilmu Biologi. Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video. Dari kombinasi tersebut maka dibuatlah aplikasi multimedia pembelajaran untuk memudahkan siswa SMA (Sekolah Menengah Atas) dalam memahami materi dalam hal ini bab protista dan lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran. Aplikasi ini disusun menggunakan metodologi penelitian multimedia yg terdiri dari beberapa tahap yaitu, concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Menggunakan adobe flash CS3 sebagai software antarmuka dalam pembuatan aplikasinya. Dari hasil pengerjaan aplikasi diketahui bahwa siswa di SMA Negeri 11 Semarang sebagai tempat studi kasus sangat merespon dengan baik akan adanya aplikasi ini karena sangat mudah dipahami dan sangat menarik sebagai sarana belajar yang tidak konvensional lagi. } }