@thesis{thesis, author={Rhizal Ferdiansyah Cristiawan}, title ={STRATEGI BISNIS WARUNG SOTO AYAM “CAK SUEP” PADA PERUMAHAN DELTA SARI INDAH DI WARU SIDOARJO}, year={2010}, url={http://www.upnjatim.ac.id}, abstract={Peran Pedagang Kaki Lima dalam menunjang kegiatan ekonomi masyarakat sangatlah penting karena usaha kecil merupakan salah satu pilar perekonomian nasional akhir-akhir ini banyak mendapat perhatian. Hal ini disebabkan karena kemampuan bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi. Usaha kecil dianggap masyarakat mampu untuk membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang bergerak dibidang sektor informal, maka masyarakat mulai berpikir untuk menjalankan usaha kecil yang memiliki inovasi dalam menjalankan kegiatan bisnis usaha kecilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang dilakukan oleh bapak Suep selaku pemilik warung soto ayam ?Cak Suep?. Strategi bisnis tersebut antara lain strategi produksi, strategi keuangan, strategi manajemen sumber daya manusia, dan strategi pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah (natural setting), dimana peneliti adalah instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisa data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Dari hasil analisa data diketahui bahwa dalam strategi produksi bapak Suep tidak melakukan teknik-teknik tertentu, hanya saja dalam proses memasak ayam pada soto ayam ini memerlukan waktu yang sangat lama. Strategi keuangan dalam hal ini modal yang digunakan untuk mendirikan usaha soto ayam ini berasal dari modal sendiri yang diperoleh dari tabungan selama menjadi karyawan soto ayam milik kakaknya. Pencatatan keuangan dalam warung soto ayam ?Cak Suep? belum dilakkan secara sistematis. Strategi manajemen sumber daya manusia yaitu bapak Suep mempekerjakan 2 orang tenaga kerja, 1 orang tenaga kerja dipekerjakan untuk kegiatan operasional sehari-hari, dan seoarng tenaga kerja dipekerjakan jika mendapat pesanan soto ayam untuk acara-acara tertentu. Strategi pemasaran dilakukan dengan cara tidak formal, yaitu mengandalkan penyampaian informasi yang diberikan pelanggan lama ke oarng-orang baru yang belum pernah membeli soto ayam ?Cak Suep?.} }