@thesis{thesis, author={Ainur Rosyidah}, title ={MOTIVASI, KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH I}, year={2011}, url={http://www.upnjatim.ac.id}, abstract={MOTIVASI, KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH I Ainur Rosyidah Abstraksi keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh perubahan dan pembaharuan dalam segala unsur-unsur yang mendukung pendidikan. Adapun unsur tersebut adalah dosen, mahasiswa, alat dan metode, materi dan lingkungan pendidikan, semua unsur tersebut saling terkait dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Mata kuliah akuntansi keuangan menengah merupakan salah satu dari mata kuliah keterampilan yang mengarah pada profesionalisme bidang akuntansi. Prestasi akademik yang dicapai mahasiswa akuntansi khususnya dalam mata kuliah akuntansi keuangan menengah, merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dalam diri mahasiswa maupun dari luar mahasiswa. Berdasarkan hasil wawancara terhadap beberapa mahasiswa akuntansi UPN ?Veteran? Jawa Timur, diketahui bahwa sebesar 71,4% mengatakan bahwa mereka tidak belajar setiap hari, 39% mereka tidak nyaman belajar di kelas, 82,1% Akuntansi Keuangan Menengah sulit, 53,6% mereka mengambil mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1 lebih dari satu kali. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris apakah motivasi, kebiasaan belajar dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 akuntansi dalam mata kuliah akuntansi keuangan menengah I. Sampel yang diambil berjumlah 61 mahasiswa reguler S1 Akuntansi UPN ?Veteran? Jawa Timur angkatan 2007 yang telah mengambil mata kuliah akuntansi keuangan menengah dan tercatat sebagai mahasiswa yang masih aktif pada tahun ajaran 2009/2010 dengan teknik simple random sampling. Sumber data yang diperoleh dari penyebaran kuisioer, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan diuji dengan Uji F dan Uji t. Dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa kesesuaian model analisis untuk motivasi, kebiasaan belajar dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, sedangkan secara parsial hanya kebiasaan belajardan lingkungan belajar yang berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 akuntansi UPN ?Veteran? Jawa Timur dalam mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I. Key word : motivasi, kebiasaan belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar} }