@thesis{thesis, author={Shofa Eka Fitriana }, title ={ PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS V SD N 01 CENDONO KUDUS }, year={2016}, url={http://eprints.umk.ac.id/6137/}, abstract={ Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Peningkatan Aktivitas Siswa, Keterampilan Guru, Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 1 Cendono Pada Pembelajaran Pkn Dengan Menerapkan Model Snowball Throwing. Peneliti Akan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Judul “Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas V SD N 01 Cendono Kudus”. Model Pembelajaran Snowball Throwing Adalah Melibatkan Semua Siswa Untuk Bertukar Pertanyaan Melalui Bola Pertanyaan. Model Ini Akan Diterapkan Padapembelajaran Pkn Materi Organisasi Siswa Kelas V. Organisasi Merupakan Wadah Dan Kegiatan Orang-Orang Yang Ada Di Dalamnya Dalam Rangka Memenuhi Tujuan Bersama.Hipotesis Tindakan Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Snowball Throwing Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Materi Organisasi Siswa Kelas V SD 1 Cendono. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas Dengan Subjek Siswa Kelas V SD 1 Cendono Kudus Yang Dilaksanakan Pada Desember 2015 - Mei 2016.Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus Dengan Menggunakan Metode Pengumpulan Data Berupa Wawancara, Tes, Observasi Dan Dokumentasi.Instrumen Yang Digunakan Berupa Lembar Wawancara, Soal Evaluasi Dan Lembar Observasi.Teknik Analisis Yang Digunakan Yaitu Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Penggunaan Model Penggunaan Model Snowball Throwingdapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar Pkn. Keterampilan Gurumeningkat Cukup Signifikan Antara Hasil Siklus I Pertemuan 1 (63,5%) Dengan Kategori Cukup, Siklus I Pertemuan 2 (78,9%) Kategori Baik, Siklus II Pertemuan 1 (88,5%)Kategori Sangat Baik Dan Siklus II Pertemuan 2 (94,2%) Dengan Kategori Sangat Baik. Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif Juga Meningkatcukup Signifikan Siklus I (70,6%) Kategori Cukup Dan Siklus II(88,9%) Dengan Kategori Baik, Didukung Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Afektif Danpsikomotorik. Pada Ranah Afektif Dari Persentase Siklus I (64,3%) Kategori Cukup Menjadi(83,1%) Kategori Baik Di Siklus II. Pada Ranah Psikomotorik Dari Persentase Siklus I (64,8%) Kategori Baikmenjadi (84,7%) Kategoribaik Di Siklus II. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yakni Penggunaan Model Snowball Throwing Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Danmeningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorikpada Kelas IV SD N 01 Cendono. Untuk Itu Disarankan Dalamxii Menerapkan Model Snowball Throwing, Guru Harus Memperhatikan Karakteristik Siswa Dan Perkembangan Siswa Agar Tidak Bosan, Siswa Yang Belum Tuntas Hendaknya Mau Belajar Lebih Giat Lagi, Dan Bagi Sekolah Perlu Menindaklanjuti Dan Memakai Model Snowball Throwingpada Mata Pelajaran Yang Lain Dengan Memperhatikan Karakteristik Siswa, Materi, Dan Juga Proses Pembelajaran. } }