@thesis{thesis, author={Hafizh Muhammad Abdul}, title ={PENERAPAN DATA MINING DALAM MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KOSMETIK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN ECLAT}, year={2021}, url={http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/7838/}, abstract={Di abad 21, kini saatnya manusia berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi lingkungannya, tentunya hal ini tidak lepas dari peran keutuhan tubuh manusia tanpa terkecuali. Salah satu hal yang mempengaruhinya adalah banyak manusia modern yang berusaha tampil secantik mungkin. Di sisi lain, dengan hadirnya teknologi dan era globalisasi yang semakin maju, banyak wanita yang harus mendandani diri dengan berbagai jenis kosmetik (Rizky, 2013). Kosmetik bersumber dari kata pinjaman bahasa Yunani, yaitu "cosmeticos" yang berarti kelihaian dalam mendekorasi, menata dan menata. Arti kata kosmeting yang dijelaskan oleh peraturan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 445 / MenKes / Permenkes / 1998 adalah susunan bahan yang siap pakai pada bagian luarnya. tubuh (epidermidis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital luar), membersihkan gigi dan rongga mulut, menambah daya tarik, mengubah penampilan, melindungi agar tetap dalam kondisi baik, meningkatkan bau badan tetapi tidak dimaksudkan untuk mengobati atau menyembuhkan a penyakit (Windi, 2005). Di era yang serba canggih ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan akan kumpulan data sangatlah penting. Saat ini data menjadi hal yang sangat penting di setiap perusahaan, bahkan banyak dari mereka yang berusaha menyembunyikan data terkecil yang mereka miliki. Pengertian atau definisi data adalah suatu uraian tentang sesuatu yang telah terjadi dan sering terjadi dimana informasi atau informasi tersebut berupa sekumpulan fakta, angka, tabel grafik, gambar, simbol, kata, huruf, yang menyatakan sesuatu. pikiran, objek, dan kondisi dan situasi (Nuzula, 2006). Saat ini, tidak jarang perusahaan tidak mengetahui manfaat dari data ini. Berdasarkan uraian di atas maka penulis mencoba menerapkan pengelolaan data dari hasil transaksi dengan menggunakan teknik statistik matematis atau disebut Data Minning dalam menyelesaikan masalah di atas. Dengan Judul ?Penerapan Data Minning dalam Menentukan Pola Pembelian Kosmetik Dengan Menggunakan Algoritma Apriori & Eclat?} }