@thesis{thesis, author={ARINA PENI ASTARI}, title ={REPRESENTASI SENSUALITAS DALAM IKLAN PARFUM “SIREN” (Studi Semiotik tentang Representasi Sensualitas dalam Iklan Parfum “SIREN” pada majalah cosmopolitan)}, year={2010}, url={http://www.upnjatim.ac.id/}, abstract={Penelitian ini didasarkan pada munculnya fenomena sensualitas perempuan sebagai objek dalam iklan parfum SIREN. Pada penelitian ini objek yang disorot adalah tokoh perempuan yang menjadi model iklan. Eksplorasi dan eksploitasi tubuh perempuan ditonjolkan dalam iklan ini semata-mata untuk memuaskan hasrat yang melihatnya. Teori yang digunakan adalah iklan media cetak, majalah sebagai media massa cetak, konstruksi realitas dan makna, perempuan sebagai model dalam iklan, sensualitas, sensualitas perempuan dalam iklan, representasi, pemaknaan warna, serta model semiotika Charles S. Pierce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan konsep tanda yang membagi tanda menjadi tiga kategori, yaitu ikon, indeks, dan simbol menggunakan konsep triangle meaning. Dari hasil pemaknaan tanda-tanda tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa dalam penelitian saling berhubungan atau terkait. Dan dari hasil pemaknaan tanda-tanda tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan adanya sebuah representasi mengenai sensualitas berdasarkan pemaknaan tanda-tanda yang ada, yaitu semua tanda yang berupa gambar, tulisan,dan warna yang menjadi latar belakang iklan parfum SIREN menggambarkan konsep sensualitas perempuan yang digunakan untuk memikat karena memiliki daya tarik fisik dan sebagai objek fantasi karena perempuan dalam iklan ini digambarkan dalam sosok putri duyung.} }