@thesis{thesis, author={FEBRIYANA FITRIYASARI ENDAH}, title ={PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE SUBTEMA 1 LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU PADA SISWA KELAS IV SD 1 PLADEN}, year={2018}, url={http://eprints.umk.ac.id/9349/}, abstract={Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Example non example dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SD 1 Pladen. Hasil belajar merupakan struktur perbuatan, nilai, pengertian, maupun sikap dan keterampilan yang diperoleh setelah melakukan proses belajar. Example non example ialah strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran agar memudahakan siswa dalam mengolah informasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar sub tema lingkungan tempat tinggalku untuk siswa kelas IV SD 1 Pladen Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Pladen Kudus dengan subyek penelitian 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model example non example. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yag digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan padaranah kognitif siklus I 88% dan siklus II 96%. Ranah afektif 69% pada siklus I, 91,6% pada siklus II. Ranah psikomotorik 71% pada siklus I dan 87,6% pada siklus II. Keterampilan guru pada siklus I sebesar 70% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Pladen dapat disimpulkan bahwa penggunaan model example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SD 1 Pladen. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model example non example guru memberikan gambar-gambar agar siswa lebih mudah dalam memahami materi.} }