@thesis{thesis, author={Lorenzo Michael}, title ={Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Program Loyalty dan Brand Loyalty dan Implikasinya pada Word of Mouth : Telaah pada Pengguna Aplikasi MyPertamina}, year={2019}, url={http://kc.umn.ac.id/10060/}, abstract={Menjaga agar konsumen tetap loyal kepada perusahaan adalah suatu keharusan didalam sebuah industri bisnis yang penuh persaingan. Banyak cara dan inovasi dilakukan agar konsumen tetap loyal dan terus melakukan transaksi dengan perusahaan sehingga akan membawa perusahaan menjadi lebih besar. Salah satu caranya adalah menciptakan sebuah loyalty program. Perusahaan yang belum lama ini mengeluarkan sebuah loyalty program adalah Pertamina. Loyalty program tersebut dinamakan MyPertamina. Diharapkan bahwa nantinya konsumen yang telah merasakan manfaat dari aplikasi MyPertamina akan merekomendasikannya kepada orang-orang terdekatnya untuk mulai menggunakannya.oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah reward attractiveness, knowledge benefit, required effort, experiental benefit, disclosure comfort, program loyalty, dan brand loyalty memiliki pengaruh terhadap word of mouth pada aplikasi MyPertamina. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner penelitian secara online kepada calon responden yang telah menggunakan aplikasi MyPertamina selama setidaknya 2 minggu, mengetahui loyalty program lain dari kompetitor Pertamina, dan berumur 17 sampai dengan 24 tahun. Penelitian ini menggunakan 8 hipotesis yang dianalisa menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara reward attractiveness, required effort, experiental benefit, disclosure comfort, program loyalty, brand loyalty, dan word of mouth. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa knowledge benefit tidak memiliki pengaruh terhadap experiental benefit.} }