@thesis{thesis, author={Felicia Laura}, title ={Analisis Konten Native Advertising di Media Online IDN Times}, year={2022}, url={http://kc.umn.ac.id/22942/}, abstract={Perusahaan media masih mengandalkan iklan sebagai sumber pendapatan utamanya. Namun, bagi sebagian besar pengguna media online, kehadiran iklan sering kali mengganggu pengalaman mereka saat mengakses sebuah berita. Sebuah solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah native advertising. Native advertising merupakan salah satu jenis iklan online yang menyatu dengan konten berita, sehingga format yang dipakai akan sama dengan konten jurnalistik lainnya. Berbeda dengan penelitian native advertising lainnya, penelitian ini tidak memperdebatkan tentang salah atau benarnya penerapan native advertising di media online, melainkan berfokus pada karakteristik konten native advertising dan untuk mengetahui peran apa yang diorientasikan kepada khalayak. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti menggunakan 278 sampel artikel native advertising yang diteliti selama periode 1 Februari-31 Maret 2022 untuk dianalisis karakteristik kontennya. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 36,69% native advertising menggunakan tipe artikel trend & concept. Sementara untuk sumber artikel yang digunakan, sebesar 51,44% mengutip pada satu sumber dan sebesar 66,75% sumber artikel berasal dari pihak pengiklan. Selain itu, jika dilihat dari perannya, native advertising di IDN Times lebih menekankan pada peran civic dan service, daripada peran infortainment.} }