@thesis{thesis, author={Putri Andhita Wahyu}, title ={perancangan kampanye sosial penggunaan kosmetik cruelty free pada wanita di jakarta}, year={2018}, url={http://kc.umn.ac.id/7758/}, abstract={Cruelty free makeup merupakan sebuah solusi berupa produk yang terbentuk dari adanya pelanggaran dalam praktek pengujian hewan untuk kosmetik. Produk-produk cruelty free makeup kemudian mulai menjadi bagian hidup bagi beberapa orang namun belum banyak masyarakat yang menyadari hal ini. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam bidang komunikasi visual yaitu menggunakan kampanye sosial. Rumusan masalah yang dijabarkan yaitu tentang bagaimana perancangan kampanye sosial penggunaan kosmetik cruelty free pada wanita di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method. Perancangan kampanye sosial ini menggunakan konsep malaikat pelindung. Konsep malaikat pelindung dipilih untuk menggambarkan sifat pengguna cruelty free makeup. Strategi yang digunakan yaitu storytelling. Perancangan ini menghasilkan desain visual kampanye sosial yang akan berlangsung selama 6 bulan dengan acara puncak pada bulan Oktober. Desain menggunakan media online maupun offline yaitu iklan media sosial, social media post, tampilan website, poster, flyer, x-banner, stiker dan gantungan kunci. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menyampaikan pesan untuk menggunakan cruelty free makeup pada masyarakat.} }