@thesis{thesis, author={Ervina Ervina}, title ={Strategi marketing communication soll marina hotel serpong dalam meningkatkan okupansi pada tahun 2014}, year={2015}, url={http://kc.umn.ac.id/793/}, abstract={Meningkatnya industri pariwisata di Indonesia memberikan dampak yang positif pada pertumbuhan industri perhotelan di Indonesia, tidak hanya dikota berkembang tetapi juga di kota yang sedang berkembang, salah satunya Tangerang. Di Tangerang mulai dibangun hotel-hotel yang menunjang aktivitas bisnis dan pariwisata. Dengan banyaknya hotel yang dibangun, maka menjadikan adanya persaingan bisnis yang ketat sehingga menuntut perusahaan untuk dapat bersaing dengan kompetitornya. Salah satunya adalah dengan menggunakan strategi marketing komunikasi. Startegi komunikasi pemasaran yang tepat dapat memberikan peningkatan pada okupansi dari hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing komunikasi yang digunakan oleh Soll Marina Hotel Serpong dalam meningkatkan okupansinya pada tahun 2014. Penelitian ini mengacu pada konsep marketing communications planning framework dari Fill. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soll Marina Hotel Serpong menggunakan startegi push, pull dan profile dengan mengkombinasikan tools marketing komunikasi seperti iklan, sales promotion, personal selling, direct marketing dan public relations untuk meningkatkan okupansinya. Okupansi dari Soll Marina Hotel Serpong pada tahun 2014 berhasil mencapai 70% hingga 80% dari tahun sebelumnya, yaitu tahun 2013 sebesar 55% hingga 60%. Peningkatan okupansi ini tidak terlepas dari peran public relation Soll Marina Hotel Serpong sebagai communication facilitator yang menjadi perantara bagi perusahaan dalam berkomunikasi, khususnya mengkomunikasikan produk dan jasanya kepada konsumen melalui kegiatan komunikasi pemasaran} }