@thesis{thesis, author={Handjojo Eunike Ratna}, title ={Pengaruh komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar (sd) tarakanita bumijo yogyakarta (survey kepada orang tua siswa kelas 1 sd)}, year={2015}, url={http://kc.umn.ac.id/794/}, abstract={Latar belakang dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak merupakan hal penting yang memengaruhi motivasi belajar anak. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satu caranya adalah menjaga supaya komunikasi interpersonal orang tua dan anak tetap berjalan dengan baik dan semakin intim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh Komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam memotivasi belajar anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Penetrasi Sosial dengan konsep Self Disclosure, di mana semakin intim hubungan orang tua dan anak, maka keduanya akan saling terbuka satu sama lain. Metodologi yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 58 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap motivasi belajar siswa yaitu sebesar 23,4% sedangkan 76,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan pembaca maupun penulis. Selain itu diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan refrensi penelitian berikutnya} }